Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Gendeng RSCM, PLN Gelar Aksi Bakti Untuk Lombok

Selasa 11 Sep 2018 20:20 WIB

Red: Hiru Muhammad

Saat penyerahan bantuan bakti untuk Lombok

Saat penyerahan bantuan bakti untuk Lombok

Foto: dok PLN
Semoga kerjasama seperti ini akan terus terjalin.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- PLN Peduli bekerjasama dengan RSCM Jakarta menggelar aksi sosial Bakti Untuk Lombok  untuk membantu korban gempa  di Lombok. Aksi ini dititik beratkan pada trauma healing yg diderita warga akibat bencana gempa yang terjadi terus menerus. Kegiatan ini melibatkan 19 tim medis dan 10 orang dokter spesialis.

Aksi PLN Peduli sinergi dengan RSCM dibuka Direktur Utama RSCM, Senior Lies Dina Liastuti, Manajer Senior Corporate Social Responsibility PLN, Ida Zubaidah dan General Manager PLN Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka di Tanjung Kota Kabupaten Lombok Utara, Selasa (11/9)

Kegiatan sosial yang berlangsung dari tanggal 11 sd 14 September 2018 ini merupakan aksi kemanusian PLN dan RSCM berkonsentrasi untuk recovery kesehatan para korban gempa.

Seluruh tim dokter akan turun membatu melakukan pemeriksaan kesehatan para pengungsi korban gempa di Puskesmas Tanjung, lokasi ini dipilih karena wilayah Tanjung mengalami kerusakan hingga mencapai 90 persen. 

Bagi PLN aksi ini merupakan program lanjutan untuk mewujudkan PLN Peduli korban bencana gempa bumi. Sejak awal gempa terjadi Tim PLN Peduli sudah menurunkan tim reaksi cepat melakukan evakuasi korban, membersihkan puing, membuka dapur umum dengan mengeluarkan 6 ribu nasi bungkus perhari untuk 3 kali makan dalam sehari, membuat MCK, membagikan selimut dan bahan pokok.

Disamping itu PLN juga dengan sigap melakukan penormalan kelistrikan dengan mendatangkan tenaga teknik dari luar lombok yaitu dari PLN Pusat, PLN Distribusi Jawa Tengah, PLN Distribusi Jawa Timur dan PLN Distribusi Bali. 

"Kami ingin memberikan kesehatan yang layak serta membantu pengobatan secara gratis. Aksi ini didasari kepedulian PLN untuk membantu warga agar bisa kembali sehat," kata General Manager PLN Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka dalam keterangan tertulisnya Selasa (11/9)

Tim dokter juga akan menyambangi ke posko-posko pengungsian yang tersebar dan juga berkeliling ke sejumlah dusun untuk memeriksa kesehatan warga yang tidak ikut mengungsi karena ingin menjaga rumah mereka.

Dalam kegiatan ini, RSCM dan PLN Peduli juga membawa sejumlah tim trauma healing untuk memberikan bantuan kepada anak-anak pasca gempa yang mereka alami. "RSCM menyiapkan dokter ahli untuk menangani sejumlah masalah kesehatan yg mungkin ditemui, semoga kerjasama seperti ini akan terus terjalin," tutur Direktur Utama RSCM, dr. Lies Dina Liastuti,Sp.JP(K)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA