Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Tol Pejagan-Semarang Selesai Akhir 2018

Kamis 12 July 2018 03:00 WIB

Red: Nidia Zuraya

Penampakan pembangunan jembatan Kalikuto yang menghubungkan tol fungsional ruas Pejagan, Pemalang, dan Batang, Semarang, Ahad (10/6).

Penampakan pembangunan jembatan Kalikuto yang menghubungkan tol fungsional ruas Pejagan, Pemalang, dan Batang, Semarang, Ahad (10/6).

Foto: republika/fakhtar lubis/wisnu
Pemegang konsesi ruas ini adalah PT Pejagan Pemalang Toll Road

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Menteri BUMN Rini Soemarno memperkirakan pembangunan dua jalan tol Trans Jawa, yakni ruas Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang-Semarang dapat diselesaikan pada akhir 2018. Ruas tol Pejagan-Pemalang membentang dari Pejagan di Jawa Barat hingga Pemalang di Jawa Tengah, merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan ruas Kanci-Pejagan dengan ruas Pemalang-Batang.

"Standarisasi Kementerian PUPR sudah baik, leveling dan ketinggian tanahnya diperhatikan. Perkembangan proyeknya saya lihat sangat baik," kata Rini Ketika meninjau pembangunan Jembatan Kali Kuto di Weleri, Kendal, Jawa Tengah, Rabu (11/7).

Pemegang konsesi ruas ini adalah PT Pejagan Pemalang Toll Road yang saat ini sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Transjawa Toll Road, salah satu anak perusahaan PT Waskita Toll Road. Ruas ini diambilalih PT Waskita Toll Road pada 2014 dan seksi 1 dan 2 dapat mulai beroperasi pada Juli 2016 sementara seksi 3 dan 4 akan resmi beroperasi pada Juli tahun ini.

Seksi 3 dimulai dari simpang susun Brebes Timur (Breksit) sampai ke simpang susun Adiwerna sepanjang 10,4 kilometer. Sedangkan seksi 4 dimulai dari simpang susun Adiwerna hingga Sewaka Pemalang sepanjang 27,6 kilometer. Nilai investasi yang digelontorkan untuk proyek ruas ini ini mencapai Rp 7,62 triliun.

Rini juga turut meninjau ruas Pemalang-Batang yang hak konsesinya dipegang oleh PT Pemalang Batang Tol Road. Ruas yang menelan investasi senilai Rp 7,5 triliun ini telah difungsikan sementara untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018 dan direncanakan beroperasi penuh Oktober 2018.

Selanjutnya, Rini juga turut meninjau ruas tol Batang-Semarang. Pemegang konsesi ruas ini adalah PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) yang sahamnya dimiliki oleh Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road. Ruas ini membentang sepanjang 75 kilometer dengan biaya investasi mencapai Rp 11,05 triliun.

"Pada akhir tahun, harapan Presiden (Joko Widodo) jalur Merak-Probolinggo bisa tersambung semua. Jadi, sekarang kami lihat satu per satu masih banyak yang tanah-tanah, ini harus dikejar supaya akhir tahun bisa selesai," kata Rini.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES