Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Harapan Jokowi pada Idul Fitri Tahun Ini

Senin 11 Jun 2018 11:51 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo di pintu pesawat kepresidenan.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo di pintu pesawat kepresidenan.

Foto: Setkab
Momen Idul Fitri diharap mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Indonesia. Jokowi berharap momen Idul Fitri ini dapat makin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kefitrian kita semakin mempererat kesatuan dan persatuan dalam berbangsa serta berguna untuk membangun bangsa ini ke depan," ucap Jokowi, dikutip dari siaran resmi Istana, Senin (11/6).

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, jutaan masyarakat melakukan mudik atau pulang kampung. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memprediksi penggunaan kendaraan pribadi, mobil, dan sepeda motor untuk arus mudik menjelang Idul Fitri 2018 masih cukup tinggi, yakni sebesar 12,24 juta kendaraan. Jumlah tersebut naik 27,7 persen dibandingkan tahun 2017 sebesar 9,58 juta kendaraan pribadi.

Sedangkan, prediksi total penumpang yang menggunakan angkutan umum pada arus mudik 2018 ini sebanyak 19,5 juta atau naik 5,17 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengimbau agar masyarakat tetap waspada melakukan perjalanan mudik. "Saya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menikmati infrastruktur jalan dan jalan tol yang dibangun pemerintah," kata Moeldoko.

Ia pun mengingatkan terdapat tiga titik kritis di wilayah Jawa Tengah yang perlu diwaspadai oleh pengguna jalan saat arus mudik dan arus balik nanti. Yakni, titik perpindahan jalur tol operasional ke fungsional, persimpangan jalur fungsional dan jalan nasional di titik Kali Kutho, serta jalan darurat di Kali Kenteng. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES