Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Ketika Empat Anak Mantan Presiden Satu Meja Bersama Habibie

Selasa 22 Mei 2018 10:48 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ratna Puspita

Tokoh muda Puan Maharani (kiri), Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri), Ilham Habibie (kedua kanan) serta Yenny Wahid menjadi pembicara pada diskusi sarasehan nasional yang diselenggarakan oleh ICMI di Jakarta, Senin (21/5).

Tokoh muda Puan Maharani (kiri), Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri), Ilham Habibie (kedua kanan) serta Yenny Wahid menjadi pembicara pada diskusi sarasehan nasional yang diselenggarakan oleh ICMI di Jakarta, Senin (21/5).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Yenny Wahid mengunggah foto dengan keterangan: kompak untuk negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemandangan menarik terlihat saat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengadakan acara Refleksi 20 Tahun Reformasi di Grand Sahid Jakarta, Senin (21/5) sore hingga malam. Empat anak mantan presiden berada satu meja bersama dengan Habibie dan Ketua Umum ICMI Jimly Asshidiqie sebagai tuan rumah.

Pada acara itu, hadir mantan presiden RI BJ Habibie, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Komando Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Direktur Wahid Institut Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau akrab disapa Yenni Wahid, dan Ilham Akbar Habibie.

Puan, AHY, Ilham, dan Yenny merupakan putra dan putri dari mantan presiden yang pernah memimpin RI. Puan adalah putri Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri. Ilham adalah putra BJ Habibie, AHY adalah putra sulung Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono, dan Yenny adalah putri kedua dari Presiden ketiga RI Abdurrahman Wahid.

Pantauan Republika di ruang Puri Ratna Grand Sahid, Puan dan Yenny duduk bersebalahan, tepatnya di sebelah kanan Jimly. AHY duduk di samping Habibie di sebelah kiri Jimly. Puan dan Yenny terlihat sangat akrab. Keduanya kerap berbincang dan tertawa kecil satu sama lain.

Selepas acara, keempat anak dari penguasa RI itu membaur satu sama lain di panggung. Sebelumnya, keempatnya juga mendapat kesempatan berpidato tentang kebangsaan dan 20 tahun reformasi.

Kerika acara hendak berakhir, AHY, Puan, Yenny, dan Ilham terlihat terlibat foto bersama. Bahkan, AHY yang paling kanan tanpa ragu mengeluarkan kamera handpone-nya untuk swafoto.

Hasil foto swafoto ini diunggah oleh Yenny Wahid di Instagram pribadinya @yennwahid. "Kompak untuk negeri. Para putra dan putri mantan Presiden RI, mas Agus Yudhoyono, mbak Puan Maharani, saya sendiri dan mas Ilham Habibie berkumpul dan berbicara tentang 20 tahun reformasi. Perspektif yang kami bawa berbeda namun niatan kami sama yaitu bekerja untuk bangsa. Semoga kekompakan kami bisa mengilhami mereka yang sibuk bertikai," tulis Yenny, Selasa (22/5).

Anak-anak dari mantan presiden RI ini memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan politik. Bagaimanapun, mereka lahir dan dibesarkan di lingkungan politik sehingga ketika dewasa mereka juga punya pemikiran untuk urusan kebangsaan.

Puan diketahui adalah politikus PDIP. Selain pengurus, Puan disebut sebagai trah penerus Megawati dan pendiri bangsa, Soekarno. 

AHY menjadi harapan dari keluarga Cikeas dan Partai Demokrat untuk suatu saat dapat meniru jejak ayahnya memimpin bangsa. Yenny dan Ilham tidak gamblang terlibat dunia politik. Ilham lebih dikenal sebagai pakar penerbangan, mewarisi keilmuan Habibie yang merupakan pembuat pesawat terbang.

Yenny juga dikenal sebagai politikus ketika Gusdur masih memimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, setelah PKB dipimpin oleh Muhaimin Iskandar, aktivitas Yenny lebih banyak di dunia sosial dan dakwah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES