Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Hari Kartini, Moeldoko Ajak Jaga Generasi Bangsa

Sabtu 21 Apr 2018 01:08 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah

Kepala KSP Moeldoko menerima ratusan Bidan Desa di kantornya, Jumat (20/4).

Kepala KSP Moeldoko menerima ratusan Bidan Desa di kantornya, Jumat (20/4).

Foto: dok. Humas KSP
Bidan desa adalah Kartini kesehatan rakyat desa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko memaknai Hari Kartini sebagai sebuah momen penting. Tanggal 21 April dianggapnya sebagai pengingat untuk melanjutkan perjuangan RA Kartini menjaga generasi bangsa.

"Hari ini, perjuangan kita adalah membangun generasi emas masa depan," ujar Mantan Panglima TNI tersebut pada rilis pers yang diterima Republika.co.id.

Ia mengeluarkan pernyataan tersebut saat merayakan Hari Kartini bersama Forum Bidan Desa atau Forbides. Moeldoko menerima kunjungan 500 bidan desa di Kompleks Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Jakarta, Jumat (20/4).

Pada kesempatan tersebut, Moeldoko mengapresiasi perjuangan dan pengorbanan para bidan desa di seluruh Nusantara. Menurutnya, Forbides berkontribusi besar merawat banyak ibu hamil dan membantu mereka melahirkan.

Ia mengatakan, pemerintah terus berusaha menjamin kesejahteraan bidan desa. Ada aturan baru yang sedang diproses mengenai mekanisme pengangkatan bidan desa yang telah berumur lebih dari 35 tahun menjadi pegawai.

Ketua Forbides Indonesia, Lilik Dian Eka Sari, berterima kasih atas upaya pemerintah tersebut. Ia mengatakan, terdapat lebih dari 41 ribu bidan desa di seluruh Indonesia yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

"Mereka adalah Kartini kesehatan rakyat desa. Hari ini, mereka merayakan Hari Kartini di Jakarta. Ada yang belum pernah menginjakkan kaki di Jakarta. Turun dari gunung, mengayuh sampan melewati sungai," tutur Lilik.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Dec 2018, 23:21 WIB