Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Pelni Prediksi Pemudik Sepeda Motor 2018 Meningkat

Senin 16 April 2018 10:13 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

Pemudik dengan menggunakan motor. (Ilustrasi)

Pemudik dengan menggunakan motor. (Ilustrasi)

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Diperkirakan tahun ini pemudik sepeda motor akan naik jadi sekitar enam ribu motor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KementerianPerhubungan (Kemenhub) akan membuka program mudik gratis bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor. Pada program tersebut, pemudik sepeda motor diangkut menggunakan Kapal Pelni pada musim mudik tahun ini.

Corporate Secretary PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) (Persero) Ridwan Mandaliko memprediksi pemudik sepeda motor akan mengalami peningkatan. Diperkirakan pemudik sepeda motor akan naik menjadi sekitar enam ribu motor dan 12 ribu penumpang. "Sementara, volume sepeda motor yang diangkut tahun lalu sebanyak 4.487 sepeda motor sedangkan penumpangnya mencapai 9.827 orang," kata Ridwan, Ahad (15/4) lalu.

Untuk itu, Ridwan menegaskan tahun ini Pelni menyiapkan KM Dobonsolo untuk melayani pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah. Selain KM Dobonsolo, pelayanan pemudik sepeda motor gratis Jakarta-Semarang akan didukung dengan kapal penumpang dan kapal angkut motor.

Dia menjelaskan, KM Dobonsolo merupakan kapal 3in1 tipe 2.000 pax yang mampu mengangkut orang, kontainer, sepeda motor, mobil dan alat berat. "Kapal ini akan digunakan khusus untuk melayani mudik sepeda motor yang diselenggarakan Kemenhub," tutur Ridwan.

Pelni akan memberangkatkan KM Dobonsolo dan kapal Pelni dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada 9-13 Juni 2018. Sedangkan untuk arus balik dari Semarang mulai dioperasikan pada 18-22 Juni 2018.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik motor gratis dengan menggunakan kapal tersebut makan pendaftaran bisa dilakukan secara online di mudikgratis.dephub.go.id mulai 25 Maret hingga 19 Mei 2018. Verifikasi pendaftaran online akan dilakukan mulai 27 Maret hingga 19 Mei 2018.

Selain secara online, pedaftaran juga dapat dilakukan langsung mulai 21 Mei hingga 2 Juni 2018 setiap pukul 09.00-16.00 WIB. Calon pemudik yang ingin mendaftar langsung harus membawa persyaratan seperti KTP, SIM C, STNK, dan KK asli selama kuota masih tersedia.

Lokasi-lokasi pendaftaran langsung bisa dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Begitu juga di Kantor Pusat PT PELNI (Persero) Ruang Auditorium eks HSBC Lantai 2, Jakarta Pusat, Lapangan Ahmad Yani (tribun), Tangerang, Rusunawa Muara Baru Blok 10 Penjaringan, Jakarta Utara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES