Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Jokowi: Konflik Sosial dengan Akar Agama Harus Diantisipasi

Sabtu 14 April 2018 15:51 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Bayu Hermawan

Jokowi

Jokowi

Foto: setkab.go.id
Presiden Jokowi mengatakan peran agama sangat sentral dalam kehidupan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan peran agama sangat sentral dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jokowi juga mengapresiasi para penyuluh agama, dan menilai apa yang dilakukan penyuluh agama adalah hal yang luar biasa.

Jokowi menjelaskan dalam Pancasila, sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menjiwai keempat sila lainnya. "Bahwa kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan semuanya dibangun dalam kerangka ketuhanan. Harus kita pahami dan sadari bersama," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Silaturahmi Penyuluh Agama se-Jawa Tengah yang digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, seperti dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (14/4).

Jokowi mengatakan dalam berbagai hasil penelitian, selalu menunjukkan sebanyak 80 persen rakyat Indonesia, atau mayoritasnya, menganggap agama merupakan hal yang sangat penting. "Namun, di saat yang sama juga terpotret bahwa konflik sosial dengan akar agama harus tetap terus diwaspadai, terus diantisipasi. Hal ini lah yang harus menjadi perhatian kita bersama," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk tidak menghabiskan energi untuk mempertajam perbedaan. Terutama perbedaan yang terkait dengan pilihan dalam Pemilu.

"Nah ini urusan perbedaan, nanti 2019 ada Pilpres, sampaikan kepada masyarakat bahwa pilihan berbeda dalam demokrasi itu biasa. Pilih pemimpin yang paling baik. Setelah coblos rukun kembali sebagai saudara sebangsa dan setanah air, bersama-sama membangun negara ini," katanya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh sebanyak 5.711 penyuluh agama se-Jawa Tengah itu, Jokowi juga mengapresiasi para penyuluh agama. Menurutnya, apa yang dilakukan penyuluh agama merupakan hal yang luar biasa.

"Luar biasa, karena saudara-saudara telah memberikan pengorbanan kepada negara, bangsa dan agama. Luar biasa atas komitmen Saudara memperkuat kerukunan bangsa serta luar biasa atas komitmen Saudara untuk memperkokoh NKRI memperkokoh Pancasila serta memperkokoh Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES