Sunday, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 February 2019

Sunday, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 February 2019

Jalankan PKT, BRI Lakukan CSR Pemadatan Jalan

Sabtu 24 Mar 2018 19:07 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Joko Sadewo

Pemadatan jalan salah satu program CSR yang dilaksanakna BRI Peduli Lingkungan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (24/3).

Pemadatan jalan salah satu program CSR yang dilaksanakna BRI Peduli Lingkungan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (24/3).

Foto: Eric Iskandarsjah/Republika
Pemadatan jalan dan normalisasi irigasi untuk meningkatkan produktivitas pertaniant

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN— Pemerintah pada awal tahun 2018 telah mencanangkan program Padat Karya Tunai (PKT), yang secara bertahap akan dilaksanakan di seluruh desa di Indonesia. Program ini dilakukan dalam rangka pembangunan ekonomi kerakyatan di desa-desa.

Presiden Joko Widodo pun telah menegaskan kepada seluruh instansi setingkat Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, untuk segera mengimplementasikan program Padat Karya Tunai di seluruh desa di Indonesia. Hal inipun juga dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Direktur Corporate Banking BRI, Kuswiyoto mengatakan, sebagai salah satu langkah nyata kontribusi Bank BRI dalam program PKT, BRI tengah melaksanakan CSR BRI Peduli Lingkungan berupa pemadatan jalan dan normalisasi saluran irigasi. Pemadatan jalan yang dilaksanakan di desa yang berpenduduk 850 kepala keluarga ini adalah sepanjang 275 meter,"  ujarnya saat meninjau program yang dilaksanakan di Dukuh Pilangsari, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (24/3).

Ia pun menekankan, CSR BRI Peduli Lingkungan kali ini difokuskan untuk mengimplementasikan program PKT yang tengah dicanangkan pemerintah. Bank BRI memfokuskan pemadatan jalan dan normalisasi saluran irigasi demi meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Gondang, yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan skala ekonomi kerakyatan di Desa Gondang.

"Pemadatan jalan dilakukan demi memperbaiki infrastruktur dan akses desa. Hal inipun diharapakan dapat meningkatkan taraf ekonomi desa melalui arus barang dan jasa yang masuk ke desa,” kata Kuswiyoto dalam kegiatan yang dihadiri langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Pemimpin Kantor Wilayah Bank BRI Yogyakarta Hari Siaga Amijarso dan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Tak hanya itu,BRI juga memberikan bantuan pembuatan talud aliran irigasi sepanjang 250 meter yang mengairi persawahan yang terdapat di Desa Gondang. Diharapkan, normalisasi ini nantinya akan mendorong produktivitas pertanian di desa Gondang.

Demi lebih memberikan motivasi dan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar bagi sekolah di desa tersebut, BRI pun juga memberikan donasi kepada SDN Gondang 2 berupa pengecatan bangunan, 1 unit laptop dan 1 unit projector serta 10 tabungan dengan nilai masing-masing Rp 500 ribu.

Program PKT atau cash for work sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memajukan perekonomian, mempercepat pembangun, mempersempit ruang kemiskinan, dan memperkuat ekonomi kerakyatan yang ada di desa. Dalam program PKT ini, terdapat lima pilar implementasi program yang menjadi fokus pemerintah dalam pengembangan ekonomi desa, pertama ditujukan bagi masyarakat desa yang kurang mampu, kedua untuk meningkatkan pemasukan kepala keluarga desa.

Kemudian yang ketiga adalah penyediaan lapangan kerja sementara, keempat pembagian upah yang transparan antara pemangku kepentingan desa dan warga desa secara musyawarah mufakat, dan terakhir pembangunan sarana dan prasarana desa yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA