Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Bamsoet Dorong Pemda Realisasikan Dana APBD untuk Pendidikan

Selasa 13 Feb 2018 04:00 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Pendidikan/Ilustrasi

Pendidikan/Ilustrasi

Bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan pendidikan bisa terlihat pada pengalokasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah daerah harus merealisasikan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBD. Menurutnya, bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan pendidikan bisa terlihat pada pengalokasian dana di APBD.

Bambang mengatakan itu guna merespons ketidakseriusan pemda dalam mengalokasikan 20 persen dana dari APBD untuk sektor pendidikan. Padahal, jumlah dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah meningkat.

“Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif,” ujar Bambang di Jakarta, Senin (12/2).

Legislator Golkar yang akrab disapa dengan panggilan Bamsoet itu mengatakan, DPR harus mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lebih sinkron dalam hal penggunaan anggaran pendidikan di APBD.

“Meminta Komisi X mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan,” tegasnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi X DPR mengevaluasi pengalokasian dana 20 persen dari APBD untuk pendidikan. “Sehingga target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran,” pungkasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA