Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

HNW: Inggris yang Lahirkan Israel Saja Tolak Klaim Trump

Selasa 19 Desember 2017 23:03 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Bayu Hermawan

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid memberikan sosialisasi empat pilar di Jambi.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid memberikan sosialisasi empat pilar di Jambi.

Foto: republika/gilang akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta gerakan bela Palestina terus digulirkan di seluruh negara. Nur Wahid mengatakan, klaim Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota Israel sudah ditentang dunia.

Sebagai gambaran, Nur Wahid menyebut para anggota Dewan Keamanan (DK) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pun sudah tegas menentukan sikap penolakan. Dari 15 negara (termasuk Cina, Prancis, Rusia, Inggris, dan AS sebagai anggota tetap) ada 14 di antaranya yang menolak klaim dari pemerintah Negeri Paman Sam. Selain DK, negara-negara kuat di Uni Eropa juga ikut menentang AS.

"Bahkan Inggris yang membantu terbentuknya Israel melalui Deklarasi Balfour tahun 1917 juga ikut menolak AS, ini jadi bukti betapa sikap Trump sudah semena-mena," kata Nur Wahid di Gedung Bappeda, Provinsi Jambi, Senin (19/12).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, dunia harus segera membuat sikap resmi yang berisikan poin penentangan secara tegas terhadap klaim AS. Menurut Nur Wahid, saat ini merupakan momentum tepat bagi seluruh bangsa untuk bersatu mewujudkan kedamaian di dunia dengan melindungi Palestina dari klaim sepihak AS.

"Kita semua harus menolak kejahatan Israel, saatnya menghentikan terorisme Israel di Palestina. Dunia sudah teriak," ujar Nur Wahid.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Surga Dunia Raja Ampat

Ahad , 19 Agustus 2018, 07:00 WIB