Rabu, 11 Zulhijjah 1439 / 22 Agustus 2018

Rabu, 11 Zulhijjah 1439 / 22 Agustus 2018

Aksi 1712 Bukti Sikap Bulat Indonesia Dukung Palestina

Senin 18 Desember 2017 21:10 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Bayu Hermawan

Marzuki Alie

Marzuki Alie

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua DPR Marzuki Alie menilai, Aksi Bela Palestina pada Ahad (17/12) kemarin, adalah bukti sikap bulat pemerintah dan masyarakat Indonesia mendukung kemerdekaan palestina. Marzuki mengatakan, aksi dukungan untuk Palestina kemarin juga menyatukan semua pihak.

"Itu menunjukkan kesatuan rakyat Indonesia dan pemerintah, bulat mendukung perjuangan rakyat Palestina," katanya di Masjid Al Azhar, Jakarta, Senin (18/12).

Ia menilai bersatunya pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan berbalut Islam juga menjadi bukti kesediaan pemerintah terlibat dalam aksi serupa. Ia tidak menampik, selama ini sejumlah pihak mempresepsikan pemerintah enggan terlibat dengan kubu Islam.

"Tetapi dengan aksi bela Palestina ini, mereka bersatu dalam satu aktivitas, kegiatan dalam bentuk demo yang kita saksikan 17 Desember," ujarnya.

Sejumlah masyarakat Indonesia menggelar aksi memprotes pengakuan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Ahad (17/12). Aksi yang berpusat di Monumen Nasional, Jakarta Pusat itu menghadirkan tokoh-tokoh agama yang menyerukan aksi nyata dari pemerintah sebagai bentuk penolakan itu.

Aksi itu dihadiri delegasi MUI, Muhammadiyah, NU, Persis, Al Washliyah, Mathlaul Anwar, FPI, dan organisasi masssa Islam lainnya. Aksi tersebut diikuti penyampaian petisi kepada AS melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia dengan harapan Trump mencabut peryataannya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES