Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Hasto: Kultur PDIP Bergerak ke Bawah Harus Dijaga

Ahad 29 Oktober 2017 19:50 WIB

Red: Agung Sasongko

ekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan pembekalan di acara Training of Trainer (TOT) PDIP Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung di Palembang, dalam keterangannya, Ahad (29/10).

ekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan pembekalan di acara Training of Trainer (TOT) PDIP Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung di Palembang, dalam keterangannya, Ahad (29/10).

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan, elit PDIP selalu diingatkan  Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjaga dan pelihara kultur partai yang selalu turun ke bawah dan menyapa masyarakat. Megawati juga meminta ada perhatian khusus kepada pengurus partai di tingkat ranting dan anak ranting.  Sebab merekalah yang setiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kultur PDIP adalah bergerak ke bawah dan berada di tengah masyarakat," ucap Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan pembekalan di acara Training of Trainer (TOT) PDIP Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung di Palembang, dalam keterangannya, Ahad (29/10).

Hasto memaparkan PDIP memiliki pengalaman politik dekat dengan rakyat. Kepemimpinan Bung Karno sejak era perjuangan kemerdekaan hingga saat mendirikan Partai Nasional Indonesia 1927, era kepeminpinan Megawati Soekarnoputri sejak masa Orde Baru dan kini Presiden Jokowi selalu turun ke bawah dan menyapa masyarakat.

Karena itu, Hasto mengimbau para kader termasuk para saksi yang akan turun di pilkada harus tampil percaya diri dan mampu membuka komunikasi aktif dengan semua pihak. "Saksi PDIP yang terjun di pilkada diharapkan memiliki disiplin dan militansi yang tinggi dan menguasi ketrampilan teknis mengenai pemilu," pinta Hasto.

Sekitar 250 peserta TOT akan diterjunkan PDIP dalam sejumlah pilkada di wilayah Sumatera Selatan. Ketua DPD PDIP Sumatera Selatan Giri Ramanda N Kiemas bersama Arteria Dahlan juga ikut memberi materi.

Hasto mengingatkan peserta dan pengurus partai dari empat provinsi agar tidak terjebak dalam pilkada yang hanya mempersoalkan elektabilitas dan figur. "Bagi PDIP, pilkada justru soal kehormatan partai dan bagaimana mewujudkan semangat gotong royong di pilkada," kata Hasto.

Hasto meminta para peserta itu untuk mampu memberikan penjelasan atas berbagai isu aktual yang dikaitkan dengan PDIP. Termasuk mampu menjelaskan program Pemerintahan Jokowi secara gamblang agar masyarakat tidak begitu saja menerima hasil survei.

"Kader dan struktur PDIP diharapkan untuk mampu berdialog dan meyakinkan masyarakat,. Sebab politik adalah soal keyakinan," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES