Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Sekjen PDIP: Semangat Indonesia Satu Relevan Sepanjang Zaman

Sabtu 28 Oktober 2017 09:50 WIB

Red: Agung Sasongko

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Foto: Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PDI Perjuangan menempatkan Sumpah Pemuda sebagai tonggak kesatuan dan persatuan Indonesia yang dibangun dalam Sumpah Indonesia yang berbangsa satu, bertanah air satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia. Hal ersebut fiungkap, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Sabtu (28/10).

“Sumpah Pemuda hadir sebagai fakta paling otentik, bagaimana Indonesia yang begitu beragam, disatukan dalam satu kesadaran sebagai satu bangsa. Karena itulah sebuah kemunduran bagi sebagian kelompok orang yang kini mencoba menutupi semangat Indonesia satu tersebut. Semangat Indonesia untuk semua, yang melintasi paham suku, agama, etnisitas, gender, dan status sosial adalah fondasi yang paling penting bagi kokohnya Indonesia Raya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke,”ungkapnya.

Hasto mengungkap, PDI Perjuangan menempatkan Sumpah Pemuda dalam semangat kepeloporan  Pemuda Indonesia  untuk menjadi tenaga penggerak progresif guna mewujudkan Indonesia yang maju, makmur dan berdaya saing. Kaum Pemuda secara kodrati menentukan proses regenerasi kepemimpinan bangsa. 

Atas dasar hal itu, PDI Perjuangan secara khusus merayakan Sumpah Pemuda tersebut di Bandung, tempat persemaian nasionalisme kebangsaan, dan sekaligus tempat kepeloporan Indonesia di dalam membangun persaudaraan antar bangsa melalui Konferensi Asia Afrika tahun 1955. Acara dikemas dalam dunia semangat pemuda Indonesia, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPP Bidang Pemuda, Sukur Nababan dan Ketua DPP Bidang Organisasi, Djarot Syaiful Hidayat.

Dikatakannya. PDI Perjuangan membuka ruang ekspresi bagi Kaum Muda Indonesia untuk terlibat aktif di politik. “Regenerisasi kepemimpinan bansa terus dilakukan secara sistemik. Regenerasi yang memadukan kepemimpinan yang kokoh dalam prinsip, setia pada ideologi Pancasila, kokoh  dalam membangun idealisme politik untuk dedikasi pada bangsa dan negara, dan sekaligus regenerasi kaum muda agar semakin visioner  dan memiliki tanggung jawab terhadap masa depan bangsa. 

Para Pemuda Pelopor oleh PDI Perjuangan disiapkan dari jenjang pemimpin Partai, atau jenjang pemerintahan dari kepala daerah tingkat kabupaten kota, provinsi hingga menjadi pemimpin nasional, termasuk Presiden sekalipun sebagaimana terjadi dengan kepemimpinan Bapak Jokowi.

PDI Perjuangan merupakan Partai yang memiliki kepala daerah yang paling banyak diisi generasi muda yang berprestasi seperti Hasto Wardoyo Bupati Kulon Progo, Hendrar Prihadi Walikota Semarang, Azwar Anas Bupati Banyuwangi, Emil Dardak, Bupati Trenggalek, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya, Mardani Bupati Tanah Bumbu, dan lain lain.

“Selamat memeringati hari Sumpah Pemuda ke 89. Kita buktikan bahwa kaum muda Indonesia adalah SATU. Satu semangat untuk Indonesia Raya,” kata Hasto.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES