Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sejumlah Tokoh Jawa Barat Lepas Kepergian Yuddy Menjadi Dubes

Senin 13 Mar 2017 20:26 WIB

Red: Angga Indrawan

 Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi (kanan) berbincang dengan Duta Besar Indonesia untuk Korsel Umar Hadi berbincang sebelum Pelantikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta,

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi (kanan) berbincang dengan Duta Besar Indonesia untuk Korsel Umar Hadi berbincang sebelum Pelantikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta,

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo melantik 17 duta besar di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/3). Satu di antaranya Yuddy Chrisnandi yang sebelumnya menjabat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Beberapa tokoh Jawa Barat nampak menghadiri acara pelantikan Duta Besar yang berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Ketua Umum Paguyuban Pasundan Jawa Barat, Prof Dr Didi Turmudzi yang ikut hadir mengatakan, ada rasa haru dan bangga atas pilihan Presiden Jokowi menunjuk Yuddy Chrisnandi.

“Penugasan ini adalah tempat bagi Kang Yuddy untuk menempa diri dalam rangka melakukan perjuangan yang lebih besar lagi ketika nanti akan kembali ke Tanah Air,” ujar Didi.

Profesor Didi juga mengungkapkan besarnya harapan di pundak Kang Yuddy, selaku tokoh muda Jawa Barat yang potensial dan punya karakter petarung sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Barat. “Menjadi dubes anggap saja pemanasan dan menempa diri serta membangun komunikasi dengan dunia internasional. Mudah-mudahan ini adalah yang terbaik dari Allah SWT dan ada rencana terbaik darinya untuk Kang Yuddy juga bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujar Didi menambahkan.

Sementara itu, doa dan harapan juga disampaikan Noeri Ispandji Firman, selaku Ketua Umum PP Angkatan Muda Siliwangi, salah satu ormas terkemuka dan terbesar di Jawa Barat. “Sebenarnya berat melepas Kang Yuddy menjadi dubes di Ukraina karena beliau sosok pemimpin muda di Jawa Barat yang potensial dan memiliki masa depan cerah. Namun karena ini adalah tugas negara dan perintah dari Presiden Jokowi maka kita harus ikhlas melepas beliau,” ujar Kang Noeri.

Namun demikian, Kang Noeri mengingatkan Yuddy jangan terlalu lama berkiprah menjadi dubes di negara bekas pecahan Uni Soviet tersebut, karena harus segera kembali ke Indonesia dan mewarnai proses politik kenegaraan dan kebangsaan. Walaupun sudah menjadi duta besar di negara Ukraina, Georgia dan Armenia.

"Jangan sampai Kang Yuddy mengubur cita-cita besarnya," ujarnya.

Sebagai salah satu duta besar dengan usia termuda di era pemerintahan Jokowi-JK, Yuddy Chrisnandi tidak bisa dilepaskan dari hubungan emosional dan kekerabatan dengan warga Jawa Barat. Terlahir di Kota Cirebon dan menghabiskan masa kuliah di Kota Bandung sebelum akhirnya hijrah ke Ibu Kota, DKI Jakart. Yuddy Chrisnandi selalu lekat dengan aktivitas gerakan kemahasiswaan di Bandung dan tingkat nasional di era 80-an dan sampai hari ini.

Ketika diminta tanggapannya atas pelantikannya sebagai Duta Besar Tiga Negara Armenia, Georgia dan Ukraina, Yuddy menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi serta Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai wakil pemerintah Indonesia di negara-negara tersebut selaku duta besar. Yuddy juga mengungkapkan keharuannya atas kehadiran tokoh-tokoh yang merepresentasikan warga Jawa Barat di acara pelantikannya. 

“Saya mohon doa restu atas penugasan ini," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA