Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

PKS Galang Solidaritas untuk Korban Gempa Aceh

Rabu 07 Des 2016 13:18 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agus Yulianto

Warga yang menjadi korban gempa bumi diberikan perawatan medis di koridor  rumah sakit setelah gempa melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12).

Warga yang menjadi korban gempa bumi diberikan perawatan medis di koridor rumah sakit setelah gempa melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12).

Foto: EPA/Hotli Simanjuntak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) terjadi di Pidie Jaya pada Rabu pagi (7/12) tadi, mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Dampaknya, selain menimbulkan puluhan korban jiwa, beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak. Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, menyatakan, duka cita untuk masyarakat Aceh utamanya yang terdampak gempa.

"Keluarga besar Fraksi PKS mengucapkan duka mendalam bagi korban gempa Aceh. Semoga diberi kesabaran dan kemudahan dalam penanganan bencana sehingga tidak banyak korban jiwa dan segera recovery," kata dia, Rabu (7/12).

Selain itu, Fraksi PKS juga mendorong solidaritas kemanusian dari seluruh warga bangsa untuk membantu korban gempa Aceh. Serta menegaskan partisipasi PKS dalam penanggulangan bencana ini, tentu harus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemda setempat agar bantuan efektif dan tepat kebutuhan dan sasaran.

"Mari kita galang solidaritas, minimal kita doakan saudara-saudara kita di Aceh, kita himpun donasi, serta kita kirimkan bantuan materi maupun tenaga sesuai kemampuan," ujarnya.

Kader-kader dan struktur PKS juga telah diinstruksikan untuk membuka posko bantuan di lokasi. "Dan alhamdulillah PKS sudah mendirikan 'Posko PKS Aceh Peduli' dengan penanggung jawab Saudara Khairul Amal (HP 08126922257)," ungkap Jazuli.

Anggota DPR Dapil Banten III ini mengingatkan, khususnya kepada pemda seluruh Indonesia agar waspada dan siap selalu melakukan tanggap darurat. Karena, ancaman bencana terjadi di berbagai daerah, termasuk salah satunya di Provinsi Banten daerah Lebak Selatan terjadi longsor. "PKS juga sudah mendirikan Posko Bantuan di lokasi," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA