Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Mobil Antigalau Diminati Remaja

Kamis 10 Nov 2016 00:11 WIB

Red: Didi Purwadi

Remaja mengikuti sebuah seminar (ilustrasi)

Remaja mengikuti sebuah seminar (ilustrasi)

Foto: Republika/ Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bagian Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Kementerian Sosial (Kemensos), Edi Suharto mengatakan, mobil antigalau yang beroperasi setiap hari Ahad diminati oleh para remaja.

"Hingga saat ini, ada 12 mobil antigalau yang beroperasi di sejumlah daerah dan itu sangat diminati oleh para remaja," ujar Edi usai acara pelantikan Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) di Jakarta, Rabu.

Di dalam mobil antigalau tersebut terdapat penyuluh sosial dan psikolog. Para remaja dapat melakukan konsultasi di bidang apa saja di dalam mobil tersebut, baik konsultasi mengenai asmara, keluarga hingga narkoba. "Kami akui memang jangkauannya belum terlalu luas. Masih di beberapa kota di Pulau Jawa," katanya.

Mobil tersebut beroperasi pada pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan yang biasa dilangsungkan setiap hari Ahad. Dia menerangkan bahwa remaja tidak akan bercerita pada orang tua, melainkan teman sebaya. Apalagi jika menyangkut kesalahan yang diperbuatnya.

"Nah, teman sebaya ini mungkin bisa menjerumuskan remaja tersebut ke dalam kondisi yang lebih buruk," katanya.

Penyediaan mobil itu, kata Edi, merupakan langkah Kemensos untuk 'menjemput bola' remaja bermasalah melalui bantuan konselor atau psikolog. Para remaja yang berkonsultasi juga mendapatkan penyuluhan mengenai bahaya narkoba dan rokok.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA