Wednesday, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 January 2019

Wednesday, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 January 2019

KPK akan Luncurkan Aplikasi Jaga Sekolahku

Rabu 31 Aug 2016 13:14 WIB

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani

KPK

KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan meluncurkan aplikasi telepon pintar Jaga Sekolahku pada Desember mendatang. Aplikasi tersebut memberikan akses pada orang tua, sekolah dan komite pada pengelolaan tempat belajar anak.

"Rakyat semua bisa berpartisipasi pada layanan publik untuk ikut kasih masukan dan laporan," kata Ketua KPK, Agus Raharjo usai membuka Festival Anak Jujur 2016 di Ecovention, Ancol, Jakarta, Rabu (31/8).

Ia menjelaskan, aplikasi Jaga Sekolahku memberikan akses pada orang tua baik melalui kritik dan saran, terutama apabila ada temuan ketidakjujuran di sekolah. Aplikasi tersebut akan mulai diperkenalkan pada orang tua dan sekolah pada Desember mendatang.

Dalam situs resmi KPK, lembaga tersebut berupaya mencegah tindak pidana korupsi di sektor strategis melalui aplikasi JAGA. Aplikasi itu merupakan bentuk kerja sama antara KPK, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Ristek Dikti, dan BPJS Kesehatan. Aplikasi JAGA memuat empat pantauan layanan publik, yakni sekolah, rumah sakit, puskesmas dan layanan perizinan.

Aplikasi JAGA menjadi wujud untuk menunjunkan kepedulian masyarakat pada pemerintah daerah terhadap sekolah, rumah sakit, puskesmas dan PTSP untuk menyediakan layanan dan fasilitas yang bersih dan transparan.

KPK mencontohkan, pada layanan Jaga Sekolahku, masyarakat bisa mengecek profil dan fasilitas sekolah, termasuk anggaran yang dikelola. Selain itu, masyarakat bisa mendiskusikan permasalahan di forum yang tersedia dan terkoneksi dengan media sosial.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA