Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Tren Penyakit tak Menular Meningkat

Selasa 09 August 2016 19:18 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Andi Nur Aminah

Penyakit jantung.

Penyakit jantung.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, penyakit tak menular merupakan isu yang sangat penting. Sebab saat ini Indonesia mengalami transisi epidemologi dalam masalah kesehatan. "Penyakit menular belum seluruhnya bisa diatasi. Namun tren penyakit tak menular cenderung meningkat," katanya, Selasa, (9/8).

Data World Health Organization (WHO) menyebutkan persentase kematian akibat penyakit tak menular mempunyai proporsi 63 persen dibanding penyakit menular. Sedangkan di Asia Tenggara menunjukkan penyakit tak menular sebesar 55 persen.

Sedangkan di Indonesia kematian akibat penyakit tak menular meningkat dari 37 persen pada 1990 jadi 57 persen pada 2015. Penyebab kematian utama adalah stroke, jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi dengan komplikasi, penyakit paru kronis.

"Penyakit ini berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup yaitu pola makan dengan gizi tak seimbang. Kurang aktivitas fisik, merokok dan lain-lain," ujar Nila.

Nila mengatakan karena itu harus digalakkan pola hidup sehat. Selain itu makan sayur dan buah harus ditingkatkan sebab orang Indonesia meski di negara tropis tapi sedikit makan sayur dan buah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES