Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Eka Tjipta Foundation Ajak Pilar Sinar Mas Pahami Manfaat Mediasi

Rabu 27 Jul 2016 13:52 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Eka Tjipta Foundation Ajak Pilar Sinar Mas Pahami Manfaat Mediasi

Eka Tjipta Foundation Ajak Pilar Sinar Mas Pahami Manfaat Mediasi

Foto: Dok: Eka Tjipta Foundation

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 50 orang dari lingkup pilar usaha Sinar Mas, aparat pemerintah mulai dari unsur kejaksaan, kepolisian, dan kehakiman serta dari organisasi massa atau lembaga swadaya masyarakat berkumpul di Hotel Aston Medan mengikuti Seminar Manfaat Mediasi yang diselenggarakan Eka Tjipta Foundation (ETF). 

Pada kesempatan ini Dr Susanti Adi Nugroho ketua Badan Mediasi Indonesia (BaMI) memberikan Seminar: Manfaat Mediasi dalam Kerangka Access to Justice berdasarkan Perma 01 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan juga diskusi tentang kiat penting agar mediasi sukses yang akan dibawakan oleh Sutrisno SH, MH pensiunan Ketua Pengadilan Tinggi. 

"Selaras dengan fokus ETF (Eka Tjipta Foundation) yang bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan, kami berusaha memaksimalkan potensi mediator yang ada untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi tanpa dipusingkan penanganan kasus-kasus yang terjadi di masyarakat yang bertele-tele," kata Darmono Advisor ETF (Eka Tjipta Foundation) dalam keterangan resmi kepada Republika.co.id.

Kegiatan pertemuan paguyuban Mediator Medan kali ini selain diikuti alumi Pelatihan Mediator yang diselenggarakan ETF-BaMI, juga diikuti para pimpinan Unit Bisnis Sinar Mas yang ada di Medan dan sekitarnya yang dibuka oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara DR Bambang Rukmono, MH, MM didampingi DR Darmono SH, MH advisor Eka Tjipta Foundation (ETF) mantan Wakil Jaksa Agung RI, dan DR Susanti Adi Nugroho. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang keempat setelah Palembang, Jambi dan Surabaya dari road show yang diadakan ETF-BaMI yang akan bergulir ke kota-kota provinsi lainnya yaitu Pekanbaru Riau, Pangkalpinang Bangka Belitung, Makasar Sulawesi Selatan, Pontianak Kalimantan Barat, Balikpapan Kalimantan Timur, Banjarmasin Kalimantan Selatan, Palangkaraya Kalimantan Tengah, dan Jakarta. 

Seperti diketahui ETF (Eka Tjipta Foundation) bersinergi dengan BaMI (Badan Mediasi Indonesia) mengadakan Pelatihan Mediasi Akreditasi 40 jam Mahkamah Agung di beberapa kota di Indonesia.

Pelatihan Mediasi ini sudah menelurkan 23 angkatan dengan jumlah mediator 919 orang. Walau bagaimanapun mediasi merupakan salah satu solusi alternatif dalam penyelesaian kasus atau masalah, baik yang melibatkan individu maupun kelompok.

Mediasi juga merupakan salah satu solusi konflik hubungan industrial yang sesuai dengan ketentuan pemerintah. Dengan sifatnya yang cepat, ekonomis dan fleksibel, para pihak yang berperkara tidak hanya menghemat waktu dan biaya, dibandingkan melakukan penuntasan konflik melalui metode litigasi - namun juga mampu mengupas setiap permasalahan secara mendalam dengan tetap mengedepankan hubungan baik antara pihak yang saling berperkara. 

Dengan adanya kegiatan Paguyuban Mediator ini diharapkan akan menambah keakraban para alumni pelatihan, juga saling berbagi dalam membantu pemerintah menangani kasus-kasus yang terjadi di masyarakat lewat jalur yang mengedepankan pendekatan Mediasi (win-win solution).   

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES