Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Kisah Ahok Dalam Survei: Teratas karena Masih Sendirian!

Jumat 22 Jul 2016 14:39 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meninggalkan gedung Bareskrim Mabes Polri usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (21/6).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meninggalkan gedung Bareskrim Mabes Polri usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (21/6).

Foto: Antara/ Akbar Nugroho Gumay

Pasca-Lebaran, pertarungan menuju kursi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 semakin seru. Berbagai komentar, polemik, dan klaim dengan mengatasnamakan hasil survei ramai bermunculan ke publik. Suasana sudah mirip pada pertarungan pilkada lima tahun silam atau juga Pemilu Presiden 2014.

Peneliti Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan  Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyatakan, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jangan terlalu kepedean atau jemawa bila saat ini masih diunggulkan. Sebab, menurut survei, dia dianggap belum ada saingan.

Apalagi, lanjut dia, selama ini sudah ada pelajaran pahit bahwa semua pihak harus berhati-hati ketika membaca hasil survei. Pelajaran di Pilkada DKI lima tahun silam menyatakan, pihak yang selalu unggul dalam survei belum tentu menang pada akhir pertarungan pemilihan gubernur.

''Apalagi saya yakin PDI Perjuangan tidak akan mengusung atau mendukung pejawat Gubernur Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta pada tahun 2017 mendatang. Inilah tantangan besar dari Pak Ahok,'' kata Siti Zuhro, di Jakarta (22/7).

Menurut dia, banyak alasan yang secara logika tidak bisa diterima jika PDI Perjuangan mengusung Ahok. “Secara logika, tidak mungkin PDI Perjuangan akan mengusung Ahok. Banyak hal yang akan dipertimbangkan PDI Perjuangan untuk tidak memilih petahana itu meski dikatakan Ahok adalah calon kuat saat ini,” ujar Siti, di Jakarta, Kamis (21/7).



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA