Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Besok, Angkasa Pura II Uji Coba Terminal 3 Ultimate

Selasa 31 May 2016 20:09 WIB

Rep: muhammad nursyamsi/ Red: Taufik Rachman

Pekerja melintas di ruang keberangkatan proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (27/1).

Pekerja melintas di ruang keberangkatan proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (27/1).

Foto: AntaraMuhammad Iqbal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II atau AP II akan melakukan uji coba Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu (1/6) besok. Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba akan terus dilangsungkan hingga 15 Juni, yang menjadi saat-saat pertama pengoperasian perdana terminal tersebut.

Budi menjelaskan, pemilihan uji coba diambil seusai kesepakatan AP II dengan PT Garuda Indonesia yang sudah meninjau langsung kesiapan terminal dengan nilai investasi Rp 5 triliun tersebut pada 26 Mei lalu. "Kami sedang finalisasi untuk Terminal 3 Ultimate. Rencananya, besok Garuda mulai uji coba layanan terminal," ujarnya, di Jakarta, Selasa (31/5).

Ia juga mengaku terus menjalin koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk pemenuhan standar atas pengoperasian Terminal 3 Ultimate. Ia menyebut, Direktorat Keamanan Bandara sudah melakukan peninjauan fasilitas keamanan di terminal berkapasitas 25 juta penumpang per tahun tersebut.

Menyinggung soal passenger service charge (PSC) untuk Terminal 3 Ultimate, ia katakan, masih digodok Kemenhub untuk menetapkan berapa besaran tarif yang dikenakan kepada penumpang.

Budi juga mengungkapkan tentang kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau perkembangan Terminal 3 Ultimate itu beberapa waktu lalu. Jokowi, lanjutnya, mengapresiasi pembangunan Terminal 3 Ultimate dan meminta agar terminal ini beroperasi sebelum Lebaran 2016.

Selain itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu, ia katakan, memintanya untuk terus melakukan pembangunan lainnya pada bandara kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut. "Beliau (Presiden) meminta kami membangun yang lain, ada runway ketiga dan Terminal 4. Presiden ingin Lebaran nanti ada yang berubah, jadi sebelum Lebaran kami sudah bisa menggunakan Terminal 3 Ultimate," lanjutnya.

Budi mengaku masih memiliki waktu 15 hari untuk pembenahan beberapa aspek. Setelah itu, pada hari H Terminal 3 Ultimate siap beroperasi dan melayani penumpang yang ingin melakukan mudik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi memantau perkembangan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu (11/5). Setelah melihat perkembangan pembangunannya, Presiden Jokowi optimistis Terminal 3 Ultimate itu akan siap dioperasikan sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.

"Kalau dilihat perkembangannya, sebelum Lebaran saya kira insya Allah akan siap," kata Jokowi, di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (11/5).

Presiden Jokowi meyakini dari sisi kapasitas Bandara Soekarno-Hatta sangat kurang. Menurut dia, setelah pembangunan Terminal 3 Ultimate tersebut selesai, sudah harus direncanakan untuk membangun terminal berikutnya, yaitu Terminal 4.

Dengan pertumbuahn ekonomi seperti ini, kalau tidak didahului untuk membangun terminal lagi maka dikhawatirkan akan kurang lagi. Presiden Jokowi juga mengingatkan, yang penting runway-nya ditambah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA