Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Aher Gulirkan Program Desa 'Emas'

Rabu 27 Apr 2016 13:54 WIB

Red: Sandy Ferdiana

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

Foto: Antara/Agus Bebeng

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang terpilih menjadi salah satu desa yang dicanangkan menjadi Desa Emas. Program Desa Emas merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Pemprov Jabar sejak beberapa tahun lalu. Desa Emas merupakan singkatan dari Entrepreneur, Mandiri, Adil dan Sejahtera (Emas).  

Belum lama ini, Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan Lc melakukan kunjungan kerja ke Desa Mekarbuana. Kunjungan ke Desa Mekarbuana merupakan bagian dari program ‘Gubernur Ngamumule Lembur’.

Desa Mekarbuana sengaja dipilih dan dijadikan desa percontohan oleh Pemprov Jabar. Desa ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Potensi wisata itulah yang akan mengantarkan Desa Mekarbuana menjadi Desa Emas.

Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jabar yang telah memberi kepercayaan terhadap salah satu desa di Karawang. Pihaknya sangat mengapresiasi program Pemprov Jabar dalam mencanangkan program 50 Desa Emas.

‘’Program ini sangat mendorong desa untuk lebih maju sesuai potensinya masing-masing,’’ ujar Cellica. Menurut dia, Pemkab Karawang pun memiliki program penguatan terhadap desa. Dia menyatakan, desa merupakan benteng terdepan pemerintah dalam melalukan pembangunan.

Menurut Cellica, potensi desa yang ada di daerah, terutama di Karawang Selatan sangat  indah dan sejuk. Dia memaparkan, desa di Karawang selatan memiliki dataran tinggi dan persis berbatasan dengan Kecamatan Jatiluhur, Kabupten Purwakarta.

Kondisi demografi itu memicu para investor untuk membuat vila. Peran investor itu sangat mendukung pariwisata di daerah Karawang Selatan. Salah satu pengembangan yang dilakukan investor itu, yakni hadirnya Grand Canyon Karawang. Pengembangan Grand Canyon Karawang  mendapat bantuan dari Pemprov Jabar.

Ke depan, imbuh dia, bantuan dari Pemprov Jabar seperti dukungan infrastruktur dapat segera direalisasikan. Karena, proyeksi APBD Kabupaten Karawang menempatkan empat program besar, yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

‘’Kami tetap memiliki keterbatasan. Untuk itu, perbaikan infratruktur diharapkan menjadi kewenangan Pemprov Jabar,’’ tambahnya. Kata dia, infrastruktur sangat menopang kegiatan perekonomian warga.

Dalam kesempatan ini, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Jabar yang telah membina sejumlah desa, termasuk Desa Mekarbuana. Program BPMPD Jabar itu, imbuh dia, merupakan bukti perhatian Gubernur Jabar ke Kabupaten Karawang.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan, selama delapan tahun menjadi gubernur, baru mengetahui jika Desa Mekarbuana memiliki keindahan dan keasrian yang menopang dunia pariwisata.

Aher menjelaskan, seluruh desa di Jabar setiap tahunnya mendapat bantuan rata-rata Rp 100 juta per desa. Program bantuan itu telah berlangsung sejak dua tahun lalu. ‘’Saya minta BPMPD mampu berkinerja yang tinggi dengan pemkab dan pemdes di Jabar,’’ katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA