Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Menhub: Jalan Tol tidak Mematikan Produk Lokal

Sabtu 23 Sep 2017 16:36 WIB

Red: Nidia Zuraya

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Foto: ROL/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, PEMALANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pengoperasian jalan tol Trans Jawa nantinya tidak boleh mematikan produk lokal yang selama ini sudah dikenal luas.

Presiden Joko Widodo telah berpesan agar potensi ekonomi di sepanjang tol harus tetap hidup, kata Menhub saat berdialog bertema Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9).

"Tahun ini ada PR (pekerjaan rmah) lagi karena tol selesai. Presiden berpesan agar jangan sampai satai di Pemalang digusur. Harus mendapatkan tempat di pinggir jalan tol agar orang yang lewat jalan tol tetap bisa makan satai Pemalang yang enak. Kalau lewat ke Brebes tetap bisa makan telur asin dan lewat Tegal tetap bisa beli kain batik," katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah harus menyikapi beroperasinya jalan tol itu dengan mendorong potensi ekonomi di daerah agar bisa dipasarkan di tempat istirarat (rest area) yang berada di jalan tol di Jawa.

Dia meminta agar operator atau perusahaan jalan tol memberikan kesempatan kepada produk lokal untuk bisa mengisi "rest area" dengan produk-produk lokal. "Jual bahan pangan atau telur harus melibatkan semua rakyat," katanya.

Budi Karya memastikan bahwa pada Lebaran 2019, Jakarta dan Surabaya akan terhubung dengan jalan tol sehingga bisa memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA