Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Indonesia Sabet 5 Medali Emas di International Teenagers Mathematics Olympiad

Selasa 15 Des 2015 14:31 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Hazliansyah

Simbol Olimpiade Matematika Internasional

Simbol Olimpiade Matematika Internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Indonesia matematika SMP menunjukkan kehebatannya dengan menyabet lima medali emas, enam medali perak dan sembilan medali perunggu di kompetisi International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 yang berlangsung pada 10-14 Desember 2015 di Sungai Petani, Kedah, Malaysia.

Direktur Pembinaan SMP Kemendikbud Supriano mengatakan, kompetisi yang dilakukan dua tahunan ini mencetak prestasi yang luar biasa bagi siswa SMP di kancah Internasional.

"Kompetisi Internasional ini diikuti oleh 160 peserta yang terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara," katanya, Selasa, (15/12).

Sebelas negara itu antara lain Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Phillipina, Rusia, Srilanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Para peserta mendapat dua tes yang meliputi individual test and team contest.

Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut. Individual test terdiri atas 12 pertanyaan dengan jawaban singkat dan tiga pertanyaan dengan jawaban terurai dan solusi. Untuk team contest berjumlah 10 pertanyaan. Team contest ini dikerjakan oleh empat siswa per tim.

Delapan pertanyaan dikerjakan per siswa tanpa saling diskusi selama 35 menit. Dua pertanyaan diperbolehkan dikerjakan bersama selama 15 menit.

Adapun peserta yang memperoleh 5 medali emas pada ITMO 2015 yakni untuk kategori individual test. Mereka adalah Irfan Urane Azis (SMPN 2 Depok, Jawa Barat), Hardyansel Kesuma (SMPK St. John, Banten), Valentino Dante T (SMPK Petra 3, Jawa Timur) dan Claudeon Reinard S. (SMP PL Domenico Savio, Jawa Tengah).

Untuk kategori group award mendapatkan medali emas yakni Tim INA C (Irfan Urane Azis, Hardyansel Kesuma, Lucia Tirta Gunawan, Radian). 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA