Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Wednesday, 6 Rabiul Awwal 1440 / 14 November 2018

Padang Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Sabtu 12 Dec 2015 09:59 WIB

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani

Kota Padang

Kota Padang

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang meraih penghargaan sebagai salah satu 'Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2015'. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yassona H Laoly dalam peringatan Hari HAM Sedunia di Graha Pengayoman, Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Jumat (11/12).

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menuturkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan Kementerian Hukum dan HAM yang menilai Kota Padang menjadi salah satu daerah yang selama ini peduli dengan HAM.

"Sejumlah indikator dapat terpenuhi dengan baik sehingga Padang dapat dikatakan kota layak hidup," kata Mahyeldi di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Sabtu (12/12).

(Baca juga: Jokowi Serukan Rekonsiliasi Kasus Pelanggaran HAM)

Penghargaan tersebut, ia menjelaskan, akan dijadikan acuan bagi Pemkot Padang dalam mempraktikkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia. Menurutnya, HAM tidak hanya identik dengan pelanggaran atau permasalahan. Namun, ujar Mahyeldi, HAM dalam perspektif pemerintahan, yaitu membangun kota menjadi tempat yang layak sebagai tempat hidup.

Ia menuturkan, menurut Menkumham, penghargaan ini diberikan kepada daerah yang dinilai berkomitmen tinggi dalam pemenuhan HAM. Menurut Menkumham, ujar Mahyeldi, peringatan Hari HAM Sedunia ke-67, dapat menjadi momentum serta refleksi, sejauh mana HAM menjadi pondasi bagi bangsa. Kota Padang meraih penghargaan ini, bersama 132 kabupaten/kota se-Indonesia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Semangat Adul Menuntut Ilmu (2)

Selasa , 13 Nov 2018, 23:56 WIB