Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Jokowi: Guru Penentu Masa Depan Bangsa

Selasa 24 Nov 2015 15:12 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Winda Destiana Putri

Jokowi

Jokowi

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan sebuah bangsa.

Hal itu disampaikan Presiden saat menghadiri peringatan Hari Guru Nasional yang digelar di Istora Senayan Jakarta, Selasa (24/11).

"Guru bukan hanya sebuah pekerjaan, tapi guru menyiapkan masa depan. Kualitas manusia di masa depan ditentukan oleh guru. Ini harus digarisbawahi," ucap Presiden.

Acara peringatan Hari Guru Nasional tersebut dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan ribuan guru dari berbagai daerah di Indonesia.

Presiden juga menyebut guru sangat memengaruhi karakter anak. Jokowi lantas bercerita soal pengalamannya saat mengunjungi sebuah sekolah dasar di Jambi. S

aat memasuki kelas pertama, ia mendapati anak-anak belajar dengan ceria. Di kelas tersebut Jokowi melihat guru yang mengajar menularkan semangat optimisme.

Namun, saat memasuki kelas kedua, Presiden mendapati anak-anak belajar kurang semangat. Rupanya guru yang mengajar pun juga tidak semangat.

"Ini yang saya bilang pengaruh guru dalam pembentukan karakter anak," kata dia. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas pengabdian para guru yang bertugas di medan berat, seperti daerah perbatasan dan pelosok terpecil. Ia takjub atas kegigihan para guru yang rela berjalan puluhan kilo demi mencerdaskan anak bangsa.

Presiden meminta guru-guru untuk terus menanamkan nilai-nilai positif yang dapat dimulai dari dalam kelas.

"Nilai-nilai seperti etos kerja, kerja keras, integritas, optimisme, disiplin, gotong royong bisa ditumbuhkan dan dijadikan kebiasaan di ruang-ruang kelas."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA