Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Rayakan Hari Guru Nasional, Kemendikbud Tampilkan Karya Guru

Ahad 22 Nov 2015 06:11 WIB

Rep: C13/ Red: Winda Destiana Putri

Guru

Guru

Foto: DOK. ROL

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan berbagai acara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2015.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan tidak hanya penyelenggaran puncak pada 24 November yang akan dilaksanakan.

Menurut pria yang biasa disapa Pranata ini, Kemendikbud juga melaksanakan beberapa acara lainnya, seperti pemilihan berprestasi dan berdedikasi yang telah diumumkan pada Sabtu (21/11). Selanjutnya, Kemendikbud akan menyelenggarakan Simposium Guru pada 23 November.

Mengenai simposium guru ini, Pranata menerangkan, rencananya akan dihadiri 4391 guru. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2110 guru akan mengikuti lomba karya inovasi guru dalam bidang pendidikan.

Sementara itu, sekitar  1000 orang dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) IPA juga akan ikut andil. Kemudian 500 guru dari P4TK bahasa serta 781 Guru Garis Depan (GGD) juga akan turut berpartisipasi dalam acara ini.

"Kegiatan tersebut juga akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan," kata Pranata kepada wartawan di Jakarta.

Menurut Pranata, dalam simposium, kelompok guru akan memaparkan karya yang berupa inovasi pembelajaran, alat pembelajaran dan lain-lain. Sementara lainnya, bisa mengunjungi stand yang tersedia.

Sejauh ini, Pranata mengungkapkan, jumlah guru yang melamar untuk mengikutkan karya inovasinya dalam lomba sebanyak 3366 guru. Pendaftaran ini dilakukan secara online melalui website Kemendikbud. Dari jumlah itu, 250 karya terpilih untuk dijadikan best practise.

Selain itu, karya lainnya akan dipublikasikan melalui website. Selanjutnya, 250 karya akan dipertunjukkan dan akan diunggah di laman resmi. Karya ini akan ijadikan sebagai sumber bahan pembelajaran dalam pengajaran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA