Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

11,5 Juta Penyandang Disabilitas di Indonesia Berusia Produktif

Rabu 28 Oct 2015 04:55 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Nidia Zuraya

Penyandang Disabilitas

Penyandang Disabilitas

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, di Indonesia  ada 11,5 juta penyandang disabilitas usia produktif. Terdiri 1,2 juta penyandang disabilitas kronis, 3,5 juta netra, 3 juta fisik, 2,4 juta rungu, serta 1,2 juta mental.

 

"Jika mereka diberikan vocational dan training bagus, maka akan menunjukkan prestasi luar biasa," ujarnya, Selasa, (27/10).

Misalnya, kata Khofifah, ditunjukkan oleh anak-anak disabilitas mental yang mampu mempersembahkan medali emas pada Special Olympics World Games (SWOG) 2015 di Los Angeles yang diikuti 177 negara. Bahkan, ada staf di lingkungan Kementerian Sosial (Kemensos) penyandang disabilitas berpendidikan master dari fakultas hukum.

Agar bisa diserap pasar kerja diperluan review kurikulum komptensi di bidang komputer, fotografi, desainer, serta disiapkan menjadi pengusaha garmen. Garmen tidak hanya terkait menjahit, tetapi manajemennya.

Saat ini, ujar dia, ada pengusaha yang telah mempekerjakan lebih dari seribu karyawan penyandang disabilitas. Ini perlu dicontoh banyak perusahaan lainnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA