Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Menkes Ajak Masyarakat Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Ahad 18 Oct 2015 13:38 WIB

Red: Esthi Maharani

Mencuci tangan

Mencuci tangan

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membiasakan diri cuci tangan pakai sabun untuk menghindari berbagai penyakit.

"Cuci tangan pakai sabun merupakan cara sederhana, murah dan sangat efektif untuk menghindari berbagai penyakit," kata Menkes Nila Moeloek, Ahad (18/10).

Dia menyatakan hal tersebut terkait Puncak Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia bertemakan Tangan Bersih Pangkal Sehat. Menkes mengingatkan, perilaku cuci tangan pakai sabun yang tepat dilakukan setelah melakukan aktivitas apapun, sebelum menyiapkan makanan dan setelah buang air besar.

Selain itu, setelah memegang binatang, setelah memegang uang, sebelum menyusui bayi dan lain sebagainya.

"Perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat juga merupakan upaya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian balita," katanya.

Sementara itu, Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Imran Agus Nurali menambahkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun bisa menurunkan angka kejadian diare.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil riset WHO tahun 2005 diketahui perilaku cuci tangan pakai sabun dapat menurunkan kasus diare hingga 45 persen.

Cuci Tangan Pakai Sabun juga mampu mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit. Selain itu, mencegah penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Sementara itu, berdasarkan Hasil riset kesehatan dasar tahun 2013 menunjukkan bahwa proporsi penduduk umur lebih dari 10 tahun yang berperilaku cuci tangan dengan benar di Indonesia meningkat dari 23,2 persen pada 2007 menjadi 47 persen pada 2013.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA