Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

25 Gubernur Siap ‪Dukung Transmigrasi

Selasa 22 Sep 2015 15:24 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Dwi Murdaningsih

Daerah transmigrasi

Daerah transmigrasi

Foto: Darmawan/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengajak 25 gubernur untuk mendukung program transmigrasi dengan melakukan penandatanganan  perjanjian kerjasama antar pemerintah kabupaten/kota pengirim dan penerima transmigran. Dengan adanya penandatanganan bersama antara Kementerian Desa dengan 25 gubernur pengirim dan penerima transmigran, maka  transmigrasi jadi upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia khususnya masyarakat di kawasan transmigrasi.

“Kerjasama antar daerah merupakan legalisasi untuk memberikan kepastian hukum atas komitmen pemerintah kabupaten/kota daerah pengirim transmigran dengan penerima transmigran," kata Marwan, Selasa, (22/9).

Menurutnya, transmigrasi menjadi proses mempertemukan pengelolaan sumber daya modal, sumber daya manusia dan sumber daya alam dalam ruang yang sama. Salah satu tujuan kerjasama ini  dapat merencanakan dan melaksanakan program transmigrasi sesuai dengan potensi wilayah dan kompetensi yang dimiliki masing-masing daerah. Selain itu juga program transmigrasi dilakukan sesuai aspirasi masyarakat masing-masing.

Marwan mengatakan transmigrasi merupakan solusi untuk membangun kawasan yang sulit berkembang. Pembangunan kawasan dilakukan dengan mendatangkan transmigran yang punya skill. Hal ini dilakukan agar daerah tujuan transmigrasi menjadi  kawasan ekonomi yang produktif dan  maju.  

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X ikut mendukung program transmigrasi. Ia  mengatakan, seluruh kabupaten di Yogyakarta mengirim transmigran. "Transmigran termasuk berasal dari  Sleman dan Gunung Kidul," katanya.

Daerah tujuan transmigrasi antara lain Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bangka Belitung. Selain itu  Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Maluku dan Maluku Utara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA