Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Presiden Mesir: Yang Mulia Presiden Jokowi Minta Perlindungan WNI

Jumat 04 Sep 2015 18:52 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.

Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Mesir berkomitmen untuk menjamin keamanan warga negara Indonesia yang belajar maupun bekerja di negara tersebut.

"Yang mulia Presiden (Joko Widodo) telah meminta jaminan keamanan warga negara Indonesia, kami akan menjaga dan berikan pengamanan pada siapapun di wilayah Mesir," kata Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi dalam keterangan pers usai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (4/9) petang.

Presiden Joko Widodo sendiri mengatakan setidaknya ada 3.000 mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir dan ada 1.200 warga negara Indonesia yang bekerja di Mesir. Dalam pertemuan bilateral antara delegasi kedua negara tersebut juga dibicarakan mengenai kerja sama ekonomi dan berbagai bidang lainnya.

"Beberapa hal yang dibahas, kami sepakat meningkatkan hubungan investasi dan Indonesia meminta pemerintah Mesir memberikan kemudahan bagi investor Indonesia," kata Presiden Joko Widodo.

Dengan peluang yang ada, Presiden Joko Widodo sepakat bahwa ada peluang yang besar untuk memajukan kerja sama bidang ekonomi antar kedua negara. Sementara itu Presiden Al-Sisi mengatakan kerja sama bidang ekonomi kedua negara akan terus meningkat pada masa mendatang.

Kedua pemimpin negara juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antar kedua negara kerja sama di bidang diplomatik, yaitu pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan pegawai pemerintah serta di bidang pelatihan diplomat antar kedua negara.

Presiden Joko Widodo saat menerima Presiden Mesir didampingi oleh Menlu Retno P Marsudi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Mensesneg Pratikno.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA