Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Penyerangan Masjid di Papua

Ini Alasan Mengapa JK Sebut Speaker Picu Insiden Tolikara

Sabtu 25 Jul 2015 22:27 WIB

Rep: C32/ Red: Ilham

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah menyatakan, siapa pun jika ditanya mengenai pemicu insiden di Tolikara akan menyebut speaker. Ia menyatakan hal tersebut karena pertanyaan wartawan kepada JK sudah mengarah ke persoalan speaker.

“Wartawan yang bertanya kepada Pak JK menyebutkan dalam pertanyaannya: Bagaimana tanggapan Pak JK atas pernyataan Kapolda Papua bahwa pemicu keributan di Tolikara adalah suara loudspeaker?” kata Husain dalam pernyataan tertulisnya yang diterima ROL, Sabtu (25/7).

Dengan pernyataan tersebut, menurut Husain, JK tentu akan percaya dan meyakini informasi aparatnya di lapangan. Sebab, kata dia, laporan pertama dan tercepat yang diterima berasal dari lapangan dan Kapolda Papua karena mereka yang di Jakarta belum satupun ke lokasi.

Maka, kata Husain, tak heran jika JK mendapatkan informasi jika pemicu insiden tersebut merupakan loadspeaker. Lalu kepada wartawan, JK menjelaskan selaku Wapres.

Untuk itu, ia menilai penting bagi setiap pihak untuk memahami dan menahan diri serta membuka dialog agar peristiwa seperti hal tersebut tidak terjadi. “Pak JK juga meminta agar penegakan hukum dalam penyelesaiannya dikedepankan,” unkap Husain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA