Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

UI Dapat Penghargaan dari Eropa

Kamis 21 Jul 2011 20:25 WIB

Red: Djibril Muhammad

Gedung Rektorat UI

Gedung Rektorat UI

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) memperoleh penghargaan di ajang The European Internasional Model United Nations (TEIMUN) yang berlangsung pada 11-17 Juli 2011 di ROC Mondriaan, The Hague, Belanda.

"Kemenangan mahasiswa UI dalam berbagai kompetisi internasional merupakan salah satu wujud kontribusi UI dalam mengharumkan nama Indonesia di forum internasional melalui beragam pencapaian," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono di Depok, Kamis (21/7).

Untuk itu, UI mendukung berbagai kegiatan mahasiswa baik dalam bidang akademis maupun nonakademis yang bersifat nasional atau internasional. Ketujuh mahasiswa UI berhasil memenangkan empat penghargaan untuk bangsa Indonesia di antara 200 peserta berasal lebih dari 50 Negara.

Vishnu mengatakan dengan tema 'Defining the Future of Global Governance', penghargaan yang diperoleh yaitu Best Delegate of General Assembly oleh Hanifah Ahmad (FISIP). Selanjutnya Best Delegate of Economic and Social Council oleh Rizki Yuniarini (FISIP), Best Delegate of Historical Council oleh Dian Aditya Ning Lestari (FISIP).

Selain itu, juga Honorable Mention of Security Council oleh Niwa Rahmad Dwitama (FISIP). Adapun delegasi UI untuk TEIMUN 2011 terdiri dari 3 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP), 2 mahasiswa Fakultas Hukum (FH) dan 2 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE).

TEIMUN 2011 membuka wawasan para peserta untuk memecahkan permasalahan dunia dengan menciptakan sistem pemerintahan global yang menjadi penyokong kerja sama antar negara dalam mencari solusinya.

Dikatakannya selain UI, beberapa Universitas yang memperoleh penghargaan dari ajang TEIMUN 2011 di antaranya adalah National University of Singapore, University of Groningen (The Netherlands), University of Capetown (South Africa), University of Antwerp (Belgia), University of Southampton (UK) dan University of Namibia.

TEIMUN merupakan salah satu Model United Nations (MUN) tertua di Eropa untuk para mahasiswa di berbagai belahan dunia. Melalui TEIMUN para mahasiswa dapat belajar mengenai organisasi internasional, seperti PBB dan NATO dan memperoleh gambaran mengenai pola kerja dan proses pengambilan keputusan melalui peran bermain simulasi PBB.

"Dalam TEIMUN, para mahasiswa akan memperoleh jaringan profesional dan interaksi sosial antara delegasi dari berbagai Negara," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA