Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Orang Minang Juga Miliki Tokoh Komik

Rabu 20 May 2015 17:41 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

si bujang, tokoh komik asal tanah minang

si bujang, tokoh komik asal tanah minang

Foto: twitter si bujang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jika Amerika Serikat memiliki tokoh komik Superman dan Batman, Jepang punya Doraemon dan Dragon Ball, Malaysia populer lewat Ipin dan Upin, tidak mau kalah, Sumatera Barat menghadirkan karakter lokal yang bernama Si Bujang. Hadir pertama kali melalui dunia maya lewat jejaring sosial twitter, instagram dan facebook, komik strip si Bujang terbit perdana pada November 2014.

Dengan ciri khas menggunakan dialog bahasa Minang, sosok yang digambarkan sebagai mahasiswa itu kerap menyampaikan kritik sosial dalam tiap edisi yang hanya diterbitkan di dunia maya. "Minangkabau, tetap gaul, pencemooh dan lucu, itulah karakter yang ada pada tokoh Si Bujang," kata penciptanya Iggoy El Fitra.

Iggoy menceritakan sosok Si Bujang dibuat sebagai alat kritik sosial dengan gaya sindiran terhadap fenomena masyarakat yang ada di Sumatera Barat maupun nasional. "Saya jurnalis, kalau menulis berita atau memotret tidak boleh beropini, sementara banyak fenomena yang ditemui di lapangan yang harus diluruskan, akhirnya disalurkan melalui komik strip Si Bujang," ucapnya.

Ia menjelaskan komik strip adalah komik yang hanya dibuat satu halaman untuk setiap kali terbit terdiri atas gambar dan dialog yang langsung tuntas dalam setiap edisinya. Menurut dia, sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini tanggapan netizen di dunia maya cukup antusias terbukti dengan follower pada akun twitter @sibujang 2014 telah mencapai 1.009 pengikut dan 714 menyukai di fanspage akun Facebook.

Ia menuturkan karakter Si Bujang merupakan representasi dari bagaimana kebiasaan masyarakat di Ranah Minang dalam mengkritisi sesuatu dengan bahasa sindiran namun dibuat dengan kocak. Alumni Sastra Jepang Universitas Bung Hatta itu mengatakan dalam keseharian dikisahkan Si Bujang selalu mengenakan baju kaus wana hijau dengan kalung hitam melingkari leher yang merupakan ciri anak muda , serta celana panjang berwarna biru dan sepatu merah.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES