Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

TNI AL Berencana Kembangkan Traffic Management Center di Laut

Rabu 13 Mei 2015 17:18 WIB

Red: Esthi Maharani

Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) berjaga dengan menggunakan senapan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makassar saat melintasi perairan Selat Madura, Jawa Timur, Selasa (3/6)

Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) berjaga dengan menggunakan senapan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makassar saat melintasi perairan Selat Madura, Jawa Timur, Selasa (3/6)

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- TNI Angkatan Laut berencana mengembangkan traffic management center (TMC) untuk lalu lintas laut. Hal itu dilakukan untuk memberikan informasi mengenai kepadatan jalur laut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksma TNI Manahan Simorangkir, saat meresmikan "Media Center" Dispen Koarmatim di Surabaya, Jatim, Rabu (13/5) mengatakan, rencana pembentukan TMC seperti yang dimiliki Polri memang ada, dan masih terus dikembangkan.

"Arah ke sana memang ada, sebab tujuan kita adalah untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat kita sendiri atau internasional. Contoh seperti di Selat Malaka, Selat Sunda atau di tempat yang trafiknya padat atau berbahaya adanya perompakan dan kecelakaan navigasi, perlu sekali adanya semacam TMC," ucapnya.

Terkait rencana itu pula, Manahan mengaku pernah ada penjual alat/jaringan komunikasi menawarkan kepada TNI AL sebuah alat canggih yang bisa digunakan untuk siaran langsung, namun masih dalam penjajakan.

"Rencana itu memang ada, namun prioritas kami saat ini masih melengkapi peralatan dan mengembangkan yang ada. Tentunya, setiap informasi yang akan dikeluarkan juga harus dipilah, mana yang untuk publik dan mana yang merupakan rahasia negara," tuturnya.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan saat ini adalah mengembangkan keberadaan media center untuk Dispen Koarmatim dan beberapa jajaran lainnya, sehingga bisa terintegrasi dan melaksanakan monitoring terkait pemberitaan mengenai Angkatan Laut.

"Awal pengembangan media center karena pesatnya media saat ini, sehingga menuntut penyesuaian dan peningkatan jajaran penerangan TNI Angkatan Laut dalam rangka membangun opini dan merebut hati dan pikiran rakyat agar mendukung tugas TNI AL," tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya pengembangan teknologi di bidang penerangan dapat membentuk lingkungan informasi yang sesuai dengan kepentingan TNI AL, sehingga mendukung tugas-tugas TNI AL.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA