Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

UNS Peroleh Dana Hibah Rp 15 Miliar dari European Commission

Senin 09 Oct 2017 18:07 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menjadi salah satu dari 5 perguruan tinggi tanah air yang mendapat kepercayaan memperoleh dana hibah dari European Commission. Dana hibah sebesar 999.904 Euro atau setara Rp 15,882 miliar itu diperuntukan untuk program Peningkatan Kapasitas Erasmus melalui penelitian dan program doktor di bidang perbankan dan keuangan di universitas-universitas di Indonesia. Dana hibah Rp 15, 882 miliar itu diperuntukan untuk tiga tahun mulai 2017 sampai 2020.

Selain UNS, perguruan tinggi lainnya yang memperoleh dana serupa yakni Institute Teknologi Bandung (ITB), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  Universitas Tanjungpura, Universitas Sriwijaya dan Universitas Syiah Kuala. Selain kampus dalam negeri terdapat juga kampus luar yakni Bangor University, University of Rome, dan Technical University Crete Yunani.

"Tujuan utama proyek ini untuk memperkuat riset dalam bidang perbankan dan keuangan di perguruan tinggi di Indonesia," katanya pada Senin (9/10).

Dia mengatakan program itu juga bertujuan merevitalisasi program doktor dan master di Indonesia dengan memperkenalkan modul-modul baru yang diadaptasi dengan kebutuhan lokal.

Selain itu kata dia juga untuk memperkuat tata kelola pusat penelitian dan program doktor melalui pertukaran praktisi antara partner Eropa dan Indonesia. Serta diharapkan dapat meningkatkan interaksi antara perguruan tinggi di indonesia dengan regulator keuangan dan perbankan, industri keuangan dan perbankan serta masyarakat melalui berbagai aktivitas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA