Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Jelang Pelantikan Jokowi-JK, Kapolri Minta Polisi Fokus

Kamis 09 October 2014 19:06 WIB

Rep: C75/ Red: Djibril Muhammad

Kapolri Jenderal Pol Sutarman memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2014 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/7).

Kapolri Jenderal Pol Sutarman memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2014 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/7).

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Polisi Sutarman berharap seluruh personel Polri tetap fokus mengamanankan pemilu pada tahapan terakhir (pelantikan). Sehingga, keamanan dan ketertiban masyarakat terus terjaga.

"Sehingga kita mampu mengawal suksesi kepemimpinan dengan sebaik-baiknya sampai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah janji presiden dan wakil presiden," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (9/10).

Ia menambahkan, pihaknya harus bersyukur kerja keras Polri telah mampu mengamankan seluruh rangkaian dan tahapan pemilu. Sehingga tahapan pelantikan anggota legislatif DPRD, DPR dan pada 20 Oktober akan berlangsung pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Ia menuturkan pascapemilu, situasi politik Indonesia bergerak dinamis. Berbagai dampak persoalan harus bisa dikelola dengan baik. Sehingga tidak menyisakan residu yang berpotensi mngganggu keamanan dan ketertiban.

Sutarman memerintahkan kepada seluruh jajaran Polri, terutama intelijen untuk selalu meningkatkan kemampuan deteksi dini. Sehingga, berbagai potensi ancaman dan kerawanan yang ada dapat segera diketahui dan diantipasi baik dengan mengedepankan langkah preventif.

Menurutnya, jelang akhir tahun, secara umum terdapat kecenderungan meningkatnya gangguan keamanan masyarakat, termasuk ancaman terorisme. "Para perwira yang baru melaksanakan sertijab untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tugasnya yang baru," katanya.

Ia menuturkan hal itu dilakukan agar dapat menjalankan perannya secara optimal. "Tingkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan di daerah tugas masing-masing," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES