Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Pengamat: Pertamina Jangan Jadi Sapi Perahan

Jumat 03 Okt 2014 20:13 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

SPBU Pertamina

SPBU Pertamina

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pengamat menyesalkan munculnya nama Ari Soemarno hingga Widyawan Prawira Atmaja di bursa kandidat calon Direktur Utama PT Pertamina. Sebab, Pertamina dinilai hanya akan menjadi salah satu BUMN sapi perahan bagi kelompok tertentu.

"Salah satu hulu permasalahan perminyakan di Indonesia adalah managerial BUMN Pertamina yang selama ini kita anggap miskin transparansi dan akuntabilitas. Pertamina menjadi salah satu BUMN sapi perahan vested group (kelompok kepentingan) tertentu," kata ekonom dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dahnil Anzar Simanjuntak, Jumat (3/10)

Disambung Dahnil, Pertamina harusnya dipimpin orang-orang yang memiliki integritas untuk mendorong perubahan tata kelola Pertamina dan pucuk kepemimpinan PT Pertamina jangan sampai diberikan kepada nama-nama yang selama ini diragukan integritasnya.

"Nah, kelompok Ari Soemarno ini adalah kelompok yang selama ini juga sangat diragukan integritas-nya, sulit berharap mereka bisa merubah pertamina," ucap Dahnil.

Ia berpendapat, jika Pertamina jatuh ke tangan Ari cs, Pertamina akan tetap menjadi perusahaan perahan politis dan penguasa. "Dan pengelolaan produksi perminyakan kita di Indonesia tetap akan dikendalikan perubahan multinational yang jauh lebih baik teknologinya dibandingkan pertamina," katanya mengakhiri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA