Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

PT KAI Ubah Jadwal Perjalanan KA, Kenapa?

Selasa 13 May 2014 18:30 WIB

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Bilal Ramadhan

PT KAI

PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO-- Sejak 1 Juni 2014 mendatang, PT KAI akan memberlakukan jadwal perjalanan KA yang baru yang tertuang dalam  Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2014. Perubahan jadwal perjalanan KA tersebut, mencakup seluruh perjalanan KA jarak jauh yang ada di Pulau Jawa.

''Perubahan jadwal perjalanan KA ini, tertuang dalam Peraturan Dirjen Perkeretaapian nomor KA.407/SK.162/DJKA/4/14,'' kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, Selasa (13/5).

Untuk itu, dia meminta para calon penumpang yang sudah melakukan pemesanan tiket untuk perjalanan KA sesudah tanggal 1 Juni, agar memperhatikan jam perjalanan KA yang tertera di tiket KA. Termasuk juga para calon penumpang KA yang akan melakukan perjalanan pada masa arus mudik dan balik lebaran.

''Dalam tiket KA yang dipesan sudah tercetak jam keberangkatan yang sesuai dengan jadwal perjalanan KA yang baru. Jadi mohon perhatikan jadwal yang tertera di tiket. Soalnya, ada beberapa KA yang memulai keberangkatan pada jam yang lebih dini dari jadwal sebelumnya,'' kata Surono.

Dia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan sehingga PT KAI melakukan perubahan jadwal perjalanan seluruh KA jarak jauh. Antara lain, karena ada beberapa ruas jalur ganda baru yang siap dioperasikan, penyesuaian terhadap jadwal operasional KRL di Jabodetabek, penambahan jumlah perjalanan KA, peningkatan kecepatan beberapa KA, dan juga perpanjangan relasi perjalanan beberapa KA.

''Beberapa ruas jalur ganda baru yang telah siap dioperasikan, di antaranya seperti pada ruas jalur Pekalongan-Surabaya, ruas Prupuk-Larangan, Maja-Parungpanjang dan Duri- Tangerang,'' katanya.

Dia menyebutkan, dengan pengoperasian jalur ganda baru di beberapa ruas jalur KA, maka frekwensi persilangan dan penyusulan KA dapat diturunkan hingga 60 persen. Dalam Gapeka 2013 angka persilangan dan penyusulan KA masih mencapai 18.863 kejadian, sedangkan dalam Gapeka 2014 menyusut hanya tinggal 7.643 kejadian.

Menurut Surono, sesuai dengan Gapeka 2014 yang akan berlaku mulai 1 Juni 2014, sebanyak 31 KA lintas selatan jurusan Jakarta dan Bandung yang melintas di stasiun Purwokerto dan Kroya, akan berangkat lebih awal. Sementara 31 KA lain, mengalami kemunduran jadwal, serta 2 KA lainnya tidak mengalami perubahan.

Sejumlah KA jurusan Jakarta yang jadwalnya berubah lebih awal sekitar 1-2 jam, adalah KA Taksaka Siang (Yogya-Gambir), Gajayana (Malang-Gambir), Bima (Surabaya-Gambir), Sawunggalih Malam (Pasarsenen-Kutoarjo), Bengawan (Tanjungpriok-Solo), dan Gaya Baru Malam (Jakarta-Surabaya).

Demikian juga dengan KA jurusan Bandung, yang berubah menjadi lebih awal cukup banyak. Antara lain, KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo-Kiaracondong), KA Malabar (Malang-Bandung), KA Turangga (Bandung-Surabaya),dan KA Mutiara Selatan (Bandung-Surabaya).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA