Senin, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Senin, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Nasib Makam Arie Hanggara 'Si Korban Ibu Tiri' (1)

Jumat 02 Mei 2014 15:28 WIB

Rep: c79/ Red: Bilal Ramadhan

Poster Film Arie Hanggara

Poster Film Arie Hanggara

Foto: www.bioskopgratis.com

REPUBLIKA.CO.ID, Masih ingatkah anda dengan kasus Arie Hanggara? Untuk anda yang lahir sebelum tahun 1980-an, tentu masih membekas film tentang Arie Hanggara. Arie adalah seorang anak berusia tujuh tahun yang mendapatkan penyiksaan dari ayah kandung dan ibu tirinya. Penyiksaan yang ia dapatkan adalah hukuman fisik dan pukulan-pukulan serta ancaman.

Kasus ini terjadi pada 1984 dan menjadi headline hampir seluruh media massa di Indonesia, saat itu. Bahkan ketika itu, produser film mengangkat kisahnya ke layar lebar dengan judul Arie Hanggara, setahun setelah kejadian.

“Maafkan mama, maafkan papa,” begitulah tulisan yang tercantum di sisi kanan dan kiri sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Makam berhiaskan batu marmer yang terletak di salah satu sudut TPU ini ditumbuhi oleh sekumpulan rumput liar yang sudah memanjang. Di muka nisan samar-samar terlihat tulisan yang sudah memudar, Arie Hanggara Machtino, lahir 21 Desember 1977, wafat 8 November 1984.

“Makam Arie sudah enam tahun tidak ada yang membayar pajaknya,” ujar Sofyan, petugas Administrasi di TPU Jeruk Purut.

Ia mengatakan, sudah mencoba menghubungi pihak keluarga Arie terkait perpanjangan pajak makam. Namun sampai saat ini tidak ada tanggapan dari keluarganya sejak perpanjangan makam 2008 lalu.

Menurut penjelasannya, makam Arie sudah masuk dalam daftar makam yang berhak digantikan oleh makam baru karena pajak makam yang belum terbayar. Namun, kata dia, hal itu belum perlu dilakukan karena saat ini masih tersedia cukup lahan di bagian bawah TPU Jeruk Purut.

“Kasihan dia, sudah meninggal di siksa orang tuanya, saat ini pajak makamnya pun terbengkalai,” ucap Sofyan.

Mumu, seorang petugas makam mengatakan sudah lama keluarga Arie tidak berziarah ke makam almarhum. Terakhir kali seingatnya, pada awal tahun 2000 ada seorang wanita yang mengaku ibu kandung Arie beserta anak laki-lakinya berziarah ke sana.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES