Monday, 21 Syawwal 1440 / 24 June 2019

Monday, 21 Syawwal 1440 / 24 June 2019

1 April Ditetapkan Sebagai Hari Marketing Indonesia

Selasa 01 Apr 2014 12:31 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Mari Elka Pangestu

Mari Elka Pangestu

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menetapkan 1 April sebagai Hari Marketing Indonesia. Penetapan ini diharapkan mampu menjadikan Indonesia di posisi yang lebih baik dalam percaturan bisnis di dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu di Jakarta, Selasa (1/4), meresmikan Hamari bersama para perwakilan asosiasi bisnis di Tanah Air.

"Hamari diharapkan memperkuat kegiatan marketing dan branding yang keberhasilannya melibatkan berbagai unsur industri kreatif seperti periklanan, desain, film, fotografi, seni pertunjukan, musik, TV, radioa, dan new media berbasis IT," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu.

Ia berpendapat untuk bisa bersaing di lingkup bisnis internasional, kekuatan sumber daya haruslah diimbangi dengan kemampuan memasarkan atau marketing dan penciptaan brand.

Oleh karena itu, kata dia, marketing dan branding menjadi kunci keberhasilan karena untuk menguasai pasar diperlukan kemampuan menciptakan produk sesuai kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen yang diiringi dengan kreativitas dan inovasi.

"Sebuah produk yang pas dengan permintaan pasar dan apa lagi jika mempunyai brand, akan dinilai lebih tinggi," katanya.

Penetapan Hamari, kata Mari, menjadi refleksi pada fakta bahwa Indonesia membutuhkan orientasi dan strategi marketing dan branding yang lebih baik di tingkat perusahaan maupun negara.

Menurut dia Hamari akan menjadi pengingat dan penggugah semangat bagi para pebisnis di Indonesia agar terus berkreasi dan berinovasi. "Apabila pebisnis di Indonesia semakin kreatif dan inovatif diharapkan bisa semakin memiliki daya saing, apalagi menghadapi era keterbukaan ekonomi dewasa ini," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA