Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Jadi Ketua Umum MUI, Din Bisa Kenalkan Islam Moderat

Selasa 18 Feb 2014 21:28 WIB

Rep: Elba Damhuri/ Red: Mansyur Faqih

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin

Foto: ROL/Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin sebagai Ketua Umum MUI dinilai tepat. Din dianggap bisa memperkenalkan Islam moderat untuk skala nasional atau internasional. 

"Sosok Pak Din sangat diperlukan umat dan dengan menjadi Ketua Umum MUI semangat Islam moderat bisa terus tumbuh," kata imam Masjid Pusdai Jawa Barat, Deni Albar, Selasa (18/2). 

Apalagi, kata Deni, Din dikenal sebagai intelektual yang luwes dan mumpuni. Kebijakan dan ijtihad Din diharapkan bisa memberi kontribusi riil dalam menengahi lintas pemahaman umat yang semakin majemuk. 

Menurut Deni, Islam yang inovatif serta modern ini yang akan menjadi warna kepemimpinan Din pada masa mendatang. "Kebekuan antarumat Insya Allah akan dikemas beliau menjadi harmoni," kata Deni.

Din terpilih menggantikan almarhum KH Sahal Mahfud sebagai ketua umum MUI hari ini. Selain dikenal sebagai ketua PP Muhammadiyah, Din juga aktif memperkenalkan Islam yang damai dan toleran di Nusantara dan luar negeri.

Din aktif melakukan kegiatan lintasagama untuk memberikan pengertian arti penting hidup damai di tengah perbedaan. Yang bersangkutan pun kerap memberikan kuliah umum di kampus di Barat seperti di Amerika dan Eropa tentang keislaman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA