Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Air Asia Tawarkan Pilihan Penggantian Penerbangan Karena Abu Kelud

Jumat 14 February 2014 11:33 WIB

Red: Bilal Ramadhan

 Guru dan pelajar memegang pegumuman libur sekolah ketika hujan abu vulkanik di sekolahmereka di Kota Madiun, Jatim, Jumat (14/2). (Antara/Fikri Yusuf)

Guru dan pelajar memegang pegumuman libur sekolah ketika hujan abu vulkanik di sekolahmereka di Kota Madiun, Jatim, Jumat (14/2). (Antara/Fikri Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA-- Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menawarkan dua opsi untuk mengganti penerbangan yang dibatalkan akibat erupsi Gunung Kelud (1.730 mdpl) di Kediri, Jawa Timur.

"Penumpang dari dan ke Surabaya serta Yogyakarta bisa memilih salah satu dari dua opsi untuk mengganti penerbangan mereka," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi, dihubungi dari Surabaya, Jumat.

Menurut dia, opsi yang dapat dipilih oleh penumpang adalah pemindahan jadwal penerbangan (reschedule) di rute yang sama maksimal tujuh hari setelah pembatalan penerbangan, tanpa dikenakan biaya. "Opsi selanjutnya, 'Credit Shell' yaitu deposit di AirAsia senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 3 bulan," ujarnya.

Ia menjelaskan, upaya tersebut dipicu kebijakan perusahaan itu untuk membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju Surabaya serta Yogyakarta, demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan. Apalagi, erupsi Gunung Kelud yang mengakibatkan hujan abu vulkanik di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Sementara tiket penerbangan yang dibatalkan tersebut tidak hangus. Tapi, penumpang dapat memilih salah satu dari dua opsi yang kami sediakan," tuturnya.

Mengenai penerbangan yang dibatalkan, tambah dia, antara lain Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Medan, Surabaya-Semarang, Surabaya-Makassar, Surabaya-Bangkok, Surabaya-Johor Bahru, Surabaya-Kuala Lumpur, Surabaya-Penang, dan Surabaya-Singapura.

"Selain itu, penerbangan Semarang-Singapura, Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta-Bali, Yogyakarta-Kuala Lumpur, dan Solo-Kuala Lumpur," paparnya.

Bagi penumpang yang membutuhkan informasi dan bantuan, lanjut dia, mereka bisa menghubungi pusat layanan di nomor 021-2927 0999 atau Ask AirAsia melalui www.airasia.com. "Kami juga akan terus memantau perkembangan kondisi terkini dan memberikan informasi terbaru kepada pelanggan," tukasnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES