Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Pemerintah Diminta Antisipasi Penyakit Pascabencana

Rabu 22 Jan 2014 18:14 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

 Nurul Arifin

Nurul Arifin

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Anggota Komisi II DPR RI Nurul Arifin mendesak pemerintah mengantisipasi potensi merebaknya penyakit yang biasanya muncul, terutama setelah terjadinya sejumlah bencana alam, seperti banjir dan erupsi gunung berapi.

"Kami mendesak pemerintah bergerak cepat dan tanggap terhadap situasi bencana yang terjadi hampir merata ini, khususnya dalam mengatasi berbagai penyakit pascabencana," kata Nurul Arifin di Jakarta, Rabu (22/1).

Menurut dia, pemerintah pusat dan daerah harus dapat melaksanakan tugas dengan optimal karena telah terdapat pembagian antara status bencana nasional dan bukan nasional sudah ada prasyaratnya.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar itu juga mengingatkan bahwa hingga saat ini masyarakat yang mengungsi di berbagai lokasi pengungsian telah berada di tempat tersebut sekitar satu pekan.

Oleh karena itu, dia mengingingkan agar antisipasi terhadap penderitaan susulan masyarakat, harus segera diwujudkan."Jangan sampai para pengungsi terjangkit penyakit lebih dulu, baru pemerintah bersikap dan menyatakan prihatin," katanya.

Sebagaimana diberitakan, bencana banjir yang melanda berbagai daerah di Indonesia, termasuk wilayah DKI Jakarta, berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit yang bila mewabah juga memiliki kemungkinan untuk mengarah kepada kejadian luar biasa atau KLB.

"Banjir berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang berpotensi KLB," kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Jakarta Raya (PAPDI JAYA) Ari F. Syam.

Apalagi, menurut dokter Ari Syam, penyakit setelah peristiwa banjir merupakan berbagai penyakit yang jumlah kasusnya akan meningkat.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA