Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Ini Bukti Orang Indonesia Mulai Jago Berbahasa Inggris

Kamis 07 November 2013 03:14 WIB

Red: Endah Hapsari

Percakapan dalam Bahasa Inggris

Percakapan dalam Bahasa Inggris

Foto: usaid

REPUBLIKA.CO.ID, Kemampuan berbahasa Inggris penduduk Indonesia secara rata-rata mengalami kemajuan yang paling pesat di dunia, berdasarkan hasil penelitian kemampuan berbahasa Inggris terbaik di dunia. Indeks kemampuan berbahasa Inggris EF EPI 2013 menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia, khususnya dewasa, telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dibandingkan negara-negara Asia lainnya dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

''Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terpenting dalam bidang ekonomi di dunia dengan menarik milyaran dollar investasi asing, dan dengan kemajuan pesat dalam berbahasa Inggris ini di prediksi akan menarik lebih banyak lagi investor dunia,'' ungkap Lars Berg, Executive Vice President EF English First.

Perusahaan-perusahaan terbaik dunia memilih tempat untuk berinvestasi dengan mempertimbangkan kemudahan dalam berbisnis-- dan kemampuan berkomunikasi dengan mereka menjadi hal yang sangat penting dalam hal ini.

Menurut laporan penelitian kemampuan berbahasa Inggris EF EPI, pada tahun 2007 Indonesia masih berada di papan bawah dalam kemampuan berbahasa Inggris, menempati posisi 34 dari total 44 negara dan teritori. Namun menurut sumber yang sama, pada tahun 2013 Indonesia sudah berada di posisi 25 dari total 60 negara yang dilibatkan dalam penelitian. Indonesia mengungguli Prancis, Italia, Rusia dan Brazil.

Lars berpendapat bahwa kemajuan kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia juga dipengaruhi oleh berkembangnya kelas menengah di Indonesia, yang ingin memperbaiki kemampuan bahasa Inggris mereka untuk membuka peluang untuk memiliki pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA