Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Habib Munzir Murid Kesayangan Habib Umar bin Hafis Hadramaut

Senin 16 Sep 2013 16:21 WIB

Red: Heri Ruslan

  Pelayat memadati makam almarhum Habib Munzir Al Musawwa saat prosesi pemakaman di kompleks pemakaman Habib Kuncung, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (16/9).       (Republika/Agung Supriyanto)

Pelayat memadati makam almarhum Habib Munzir Al Musawwa saat prosesi pemakaman di kompleks pemakaman Habib Kuncung, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (16/9). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsy menyatakan merasa kehilangan atas wafatnya pimpinan Majelis Rasullullah Habib Munzir Al Musawa.

"Sebagai santri, Munzir adalah murid kesayangan Habib Umar bin Hafis Hadramaut," kata Aboebakar Al Habsy di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut Aboebakar, kedekatan Habib Munzir dengan sang guru, Habib Umar bin Hafis Hadramaut, adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ilmu serta mengharapkan keberkahan dari seorang ulama.

Habib Munzir, menurut Aboebakar, adalah sosok ulama yang benar-benar melayani ummat sehingga banyak mendapat simpati dari masyarakat.

"Kemanapun Habib Munzir diundang oleh jemaahnya, bahkan sampai ke pelosok daerah, beliau selalu hadir dengan tulus," katanya.

Menurut Aboebakar, mungkin hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kurang baiknya kesehatan Habib Munzir.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga melihat, Habib Munzir adalah sosok yang sabar dalam menghadapi cobaan berupa penyakit yang telah lama menggerogoti tubuhnya.

"Akhlak beliau yang santun membuat Majelis Rasulullah banyak mendapat simpati masyararakat, sehingga setiap pengajian Majelis Rasulullah selalu diramaikan oleh jemaahnya," katanya.

Aboebakar menambahkan, dakwah yang disampaikan Habib Munzir selalu membawa kesejukan bagi jemaah yang mendengarkannya.

"Keepergian habib Munzir membawa duka yang mendalam bagi masyarakat, khususnya para jemaah Majelis Rasulullah," katanya.

Habib Munzir meninggal dunia di RSCM Jakarta, pada Minggu (15/9), sekitar pukul 15.20 WIB.

Kabar meninggalnya, Habib Munzir pertama kali disampaikan oleh kakak beliau, Habib Nabil Al Musawa, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, melalui akun twitternya. Kabar tersebut juga disampaikan oleh situs Majelis Rasulullah.

Habib Munzir disemayamkam di rumah duka di Perumahan Liga Mas, Pancoran, Jakarta.

Habib Munzir kemudian dimakamkan di dekat makam Habib Ahmad bin Alwi Al Habbad atau dikenal dengan panggilan Habib Kuncung, di Pancoran, Jakarta, pada Senin pagi.

Sebelum dimakamkan, Habib Munzir di sholatkan di Masjid At Taubah di dekat makam Habib Kuncung.

Ribuan jemaahnya yang menghadiri prosesi pemakaman terus menggemakan takbir.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES