Tuesday, 11 Zulqaidah 1439 / 24 July 2018

Tuesday, 11 Zulqaidah 1439 / 24 July 2018

KPAI: Utamakan Keselamatan Dul

Ahad 08 September 2013 19:52 WIB

Red: Heri Ruslan

Dul (paling kiri) bersama dua kakaknya, Al dan El.

Dul (paling kiri) bersama dua kakaknya, Al dan El.

Foto: youtube.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia Asrorun Ni'am Sholeh berharap seluruh pihak mengutamakan keselamatan Abdul Qodir Jaelani alias Dul (13) sebelum melanjutkan proses hukum pascakecelakaan lalu lintas di Tol Jagorawi.

"Sekarang anaknya (Dul, putra Musisi Ahmad Dhani, red.) masih dalam kondisi kritis, prinsipnya konsenterasi harus fokus pada penyelamatan jiwa anak," ujar Asrorun Ni'am Sholeh saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Asrorun menegaskan bahwa semua pihak perlu mengedepankan pendekatan kemaslahatan daripada pendekatan hukum formal terhadap kasus hukum yang menimpa anak-anak, dan dalam hal ini orang tua tidak boleh lepas tangan.

Artinya, lanjut Asrorun, hal yang perlu ditekankan adalah pemulihan hak-hak dan kesadaran anak akan tanggung jawab yang mengacu pada prinsip keadilan restoratif, keadilan substantif dengan memperhatikan tujuan hukum.

"Dalam penanganan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) sedapat mungkin menggunakan pendekatan keadilan restoratif. Namun, anak harus segera diselamatkan dahulu," ujar Asrorun.

Dul terlibat kecelakaan lalu lintas yang menewaskan enam orang dan sembilan orang lainnya luka-luka di Tol Jagorawi KM 8, Minggu dini hari.

Penyidik kepolisian belum menetapkan tersangka terkait dengan kecelakaan lalu lintas yang menewaskan enam orang dan melukai sembilan orang tersebut.

Diketahui, Dul yang mengendarai sedan Lancer bernomor polisi B-80-SAL terlibat kecelakaan dengan mobil Daihatsu bernomor polisi B-1349-TEN dan Avanza pelat nomor B-1882-UZJ.

Dul mengendarai mobil dari arah selatan menuju utara, kemudian kehilangan kendali akibat diduga tidak konsentransi.

Mobil tersebut menabrak pagar pemisah sehingga masuk jalur berlawanan dan menghantam Daihatsu "Grand Max" yang melaju dari arah utara ke selatan.

Kemudian, mobil Daihatsu tersebut terdorong sehingga menabrak Avanza bernomor polisi B-1882-UZJ.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES