Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Menag Tolak Wacana Tes Keperawanan

Senin 26 Aug 2013 14:40 WIB

Red: Dewi Mardiani

Menteri Agama RI Suryadharma Ali

Menteri Agama RI Suryadharma Ali

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, menegaskan menolak wacana tes keperawanan bagi siswi sekolah. Menurutnya, tes tersebut akan berdampak negatif terhadap psikologis siswi yang bersangkutan.

"Saya tidak setuju adanya tes keperawanan. Di madrasah tidak akan ada tes seperti itu," kata Suryadharma Ali di sela-sela Silaturahim dengan guru dan kepala sekola madrasah di Sasana Budaya Ganesha ITB Kota Bandung, Senin (26/8).

Menurut dia, alasan yang menguatkannya karena hal tersebut dinilai tidak etis dan akan berdampak psikologis bagi siswi tersebut ke depannya. "Tidak etis dan kita harus memikirkan dampak psikologisnya," kata dia.

Demikian pula bila dilakukan tes keperawanan bagi siswi madrasah bisa menimbulkan efek minder antar-sesamanya. "Bisa jadi anak-anak pakai seragam tsanawiyah minder jangan-jangan orang memandang saya tidak perawan," kata Suryadharma Ali.

Ia menegaskan menegaskan bahwa tidak akan melakukan tes keperawanan di lingkungan madrasah. "Saya tidak akan menerapkan di madrasah untuk melakukan tes itu," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA