Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Tantowi Yahya Klarifikasi Polemik Israel ke Muhammadiyah

Senin 24 Jun 2013 18:43 WIB

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Fernan Rahadi

Anggota  Komisi I DPR Tantowi Yahya secara diam-diam bertemu dengan anggota Parlemen Israel Knesset di Tel Aviv.

Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya secara diam-diam bertemu dengan anggota Parlemen Israel Knesset di Tel Aviv.

Foto: Israelhayom.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya memenuhi undangan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah yang ingin memintai klarifikasi dirinya soal kunjungan ke Israel beberapa pekan lalu.

"Saya ingin bersilaturahmi sekaligus meluruskan polemik yang selama ini terjadi soal kunjungan saya ke Israel," kata Tantowi kepada wartawan di Jakarta, Senin (24/6).

Di hadapan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin Tantowi menjelaskan kunjungannya ke Israel bukan untuk mendukung penjajahan Israel terhadap Bangsa Palestina. Kunjungan itu justru dilakukan untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina mencapai hak-hak kemerdekaan.

"Saya termasuk orang yang terdepan membela Palestina," ujarnya.

Tantowi mengatakan kunjungannya ke Israel dalam rangka mengikuti seminar yang mengangkat tema perdamaian Israel dan Palestina. Dia merasa banyak mendapatkan perspektif baru soal potensi perdamaian Israel dan Palestina.

"Di forum itu saya sampaikan pembelaan terhadap rakyat Palestina agar mendapat haknya dan diakui sebagai negara independen dan berdaulat," terang Tantowi kepada Din.

Menurut Tantowi Indonesia bisa memainkan peran penting dalam proses perdamaian Israel dan Palestina. Pasalnya, selama ini proses perdamaian hanya difasilitasi oleh Amerika Serikat. "Kita tahu Amerika tidak netral. Maka itu Indonesia mesti ambil peran sebagai juru damai alternatif," kata Tantowi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES