Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Ini Dia Daerah Otonomi Baru di RI

Sabtu 20 Apr 2013 10:06 WIB

Red: Dewi Mardiani

Peta Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peta Nusa Tenggara Timur (NTT).

Foto: goseentt.com

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi segera meresmikan daerah otonomi baru (DOB) Malaka yang telah lepas dari kabupaten induk Belu itu, pada Senin (22/4).

"Awalnya, peresmian direncanakan pada 18 April, namun Kementerian Dalam Negeri mengubahnya menjadi 22 April 2013," kata Bupati Belu, Joachim Lopez, yang dihubungi dari Kupang, Sabtu (20/4). DOB Malaka diperjuangkan para leluhur dan tokoh masyarakat di Belu Selatan itu sejak 1966, namun baru direstui oleh DPR RI pada Desember 2012.

DOB Malaka merupakan kabupaten ke-22 di NTT dan berbatasan langsung dengan Distrik Bobonaro, Timor Leste, serta merupakan lumbung pangan bagi Kabupaten Belu selama ini. "Mudah-mudahan tidak ada lagi alasan, sehingga peresmian DOB Malaka yang sudah direncanakan pada hari Senin nanti bisa berjalan lancar," kata Joachim.

Dia mengatakan penetapan Malaka sebagai daerah otonomi baru pada Jumat (12/4) dalam rapat paripurna DPR itu merupakan langkah maju pemerintah pusat dalam upaya menyejahterakan masyarakatnya, khususnya wilayah serambi NKRI di bagian Selatan Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste tersebut.

Karena itu, patut diberikan apresiasi atas semua dukungan dan kerja sama semua pihak yang terus berjuang untuk menghasilkan pemekaran daerah tersebut. Joachim mengatakan upaya menjadikan Malaka sebagai daerah otonomi baru terpisah dari Kabupaten Belu bukan karena keinginan, tetapi sudah merupakan kebutuhan masyarakat yang hidup di serambi selatan negara RI itu.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA